STRATEGI DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN IKAN HIAS PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM DI DESA TUNGGULSARI KECAMATAN KEDUNGWARU KABUPATEN TULUNGAGUNG

SAIFUDIN ASY'ARI, 12402193322 (2023) STRATEGI DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN IKAN HIAS PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM DI DESA TUNGGULSARI KECAMATAN KEDUNGWARU KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (189kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Digital marketing Dalam Meningkatkan Penjualan Ikan Hias di Desa Tunggulsari Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung”, ditulis oleh Saifudin Asy’ari, NIM. 12402193322. Mahasiswa Jurusan Ekonomi. Program Studi Ekonomi Syariah. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Dr. Binti Nur Asiyah. M. Si Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar dunia yang sebagian besar wilayahnya merupakan perairan dan memiliki iklim tropis sehingga mendukung bagi pelaku budidaya ikan. Salah satu program unggulan di Kabupaten Tulungagung yaitu ikan hias karena volume penjualan ikan hias setiap tahunnya memiliki kenaikan, sehingga dalam hal ini budidaya ikan hias memiliki prospek usaha yang besar. Maka melalui strategi digital marketing dapat dilakukan untuk meningkatkan penjualan. Tujuan dalam penelitian ini yaitu 1) Untuk menganalisis strategi digital marketing pada usaha ikan hias di Desa Tunggulsari Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung. 2) Untuk menganalisis peningkatan penjualan ikan hias di Desa Tunggulsari Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung. 3) Untuk menganalisis kendala dan solusi dalam strategi pemasaran ikan hias di Desa Tunggulsari Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan metode kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus (case study research) dan bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan langkah-langkah yang dilakukan adalah menajamkan analisis, menggolongkan atau pengkategorisasian ke dalam setiap permasalahan melalui uraian singkat, mengarahkan, membuang yang tidak perlu, dan mengorganisasikan data sehingga dapat ditarik dan diverifikasi. Hasil penelitian ini yaitu: 1)Strategi Digital marketing Dalam Meningkatkan Penjualan Ikan Hias di Desa Tunggulsari Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung yaitu strategi digital marekting yang diterapkan oleh pebudidaya dan pengepul ikan hias di Desa Tunggulsari dengan promsi melalui media sosial yaitu marketplace facebook, Shopee, Tokopedia dan whatsaap. 2) peningkatan Penjualan Ikan Hias di Desa Tunggulsari Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung yaitu mengalami kenaikan yang signifikan akibat dari terjadi peningkatan volume. Dibuktikan dengan banyak pemesan ikan khususnya dengan sistem pemasaran online, dan transaksi yang dilaksanakan juga dengan menggunakan basis online yaitu melalui facebook, Shopee, Tokopedia dan whatsaap. 3) Kendala dan solusi dalam strategi pemasaran ikan hias di Desa Tunggulsari Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung yaitu berkaitan dengan tidak sesuainya foto yang di posting pada sosial media dengan ikan yang asli dan kendala refund. Maka solusi dilakukan dengan meningkatkan kepuasan konsumen dengan memberikan video asli ikan dan mengatasi kasus refund dengan memberikan kriteria refund melalui video panjang mulai dari membuka paket hingga dikethui barang mengalami kerusakan tanpa adanya jeda. Kata Kunci: Digital Marketing, Ikan Hias, Meningkatkan Penjualan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Pemasaran
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12402193322 Saifudin asy'ari
Date Deposited: 30 Aug 2023 10:11
Last Modified: 30 Aug 2023 10:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39571

Actions (login required)

View Item View Item