IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN FIQIH DALAM PEMBIASAAN SHALAT SISWA KELAS VII MTsN 9 BLITAR

FUAIDA UMMA NAHDA, 12201193190 (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN FIQIH DALAM PEMBIASAAN SHALAT SISWA KELAS VII MTsN 9 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (903kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (626kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (897kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (754kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Pembelajaran Fiqih dalam Pembiasaan Shalat Siswa Kelas VII MTsN 9 Blitar“ ini ditulis oleh Fuaida Umma Nahda, NIM. 12201193190, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Hj. Chusnul Chotimah, M.Ag. Kata Kunci: Pembelajaran Fiqih, Pembiasaan, Shalat, Siswa Ibadah shalat menggambarkan salah satu dari lima rukun Islam yang harus kita laksanakan dalam kesehariannya sebagai umat Islam yang beriman. Meski demikian, masih ada umat Islam yang mengesampingkan kewajiban shalat tersebut. Jika di lihat pada fenomena masa modern layaknya sekarang ini, masih banyak masyarakat Islam yang meninggalkan ibadah yang seharusnya mesti dikerjakan oleh seluruh umat Islam. Dalam hal ini untuk mengajarkan mata pelajaran fiqih dalam pembiasaan shalat siswa di MTsN 9 Blitar, guru dituntut untuk mempunyai kemampuan dalam meningkatkan pemahaman, keaktifan serta mengembangkan sistem belajar mengajar yang kreatif, imajinatif serta menguasai materi. Seorang guru diharapkan mampu membuat siswa menguasai materi yang diajarkan, serta membuat siswa mau secara aktif mengamalkan atau menerapkan ilmu yang telah dipahami dengan benar. Fokus penelitian dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran fiqih dalam pembiasaan shalat siswa kelas VII MTsN 9 Blitar?, (2) Bagaimana problematika pembelajaran fiqih dalam pembiasaan shalat siswa kelas VII MTsN 9 Blitar?, (3) Bagaimana solusi dari pembelajaran fiqih dalam pembiasaan shalat siswa kelas VII MTsN 9 Blitar?. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran fiqih dalam pembiasaan shalat siswa kelas VII MTsN 9 Blitar, (2) mendiskripsikan problematika pembelajaran fiqih dalam pembiasaan shalat siswa kelas VII MTsN 9 Blitar, (3) mendiskripsikan solusi dari pembelajaran fiqih dalam pembiasaan shalat siswa kelas VII MTsN 9 Blitar, serta untuk menambah wawasan dan dapat dijadikan tambahan dalam memperkaya ilmu serta dapat digunakan sebagai refrensi bagi guru dalam pembelajaran fiqih untuk membiasakan shalat siswa. Bagi sekolah, sebagai masukan dalam membiasakan ibadah shalat. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif deskriptif, dengan pendekatan penelitian yang digunakan adalah fenomenologi. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan uji kreadibilitas, uji transferabilitas, uji dependabilitas, dan uji konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) pelaksanaan pembelajaran fiqih dalam pembiasaan shalat siswa di MTsN 9 Blitar adalah dengan penggunaan metode ceramah dalam pembelajaran, mengadakan praktek shalat diawali dengan metode demonstrasi, dan penggunaan metode bermain kartu kata, (2) problematika pembelajaran fiqih dalam pembiasaan shalat dhuha dan dhuhur berjamaah di MTsN 9 Blitar diantaranya yaitu perilaku siswa, kurang memahami metode yang disampaikan guru dalam pembelajaran, siswa belum menerapkan hukum fiqih dengan benar ketika melaksanakan shalat, kurang pemahaman siswa terhadap pentingnya shalat, serta tindak lanjut pengawasan dari lingkungan keluarga yang masih kurang, (3) solusi yang dilakukan untuk mengatasi masalah pembelajaran fiqih dalam pembiasaan shalat siswa di MTsN 9 Blitar adalah dengan memberikan sanksi terhadap siswa yang tanpa izin tidak melaksanakan shalat, memahami karakteristik siswa, memberi penjelasan tentang syarat wajib, syarat sah dan rukun shalat, memberi pengarahan dan nasehat betapa pentingnya shalat, serta pengawasan di sekolah harus dibarengi oleh pengawasan pihak orangtua.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 12201193190 FUAIDA UMMA NAHDA
Date Deposited: 01 Sep 2023 06:55
Last Modified: 01 Sep 2023 06:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39582

Actions (login required)

View Item View Item