KESIAPAN GURU DALAM PERSIAPAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI TK BUDI UTOMO SERUT TULUNGAGUNG

MARIA NUR FADILA, 12206193030 (2023) KESIAPAN GURU DALAM PERSIAPAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI TK BUDI UTOMO SERUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (206kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (759kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

Maria Nur Fadila. NIM. 12206193030. Kesiapan Guru dalam Persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka di TK Budi Utomo Serut Tulungagung. Skripsi. Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Rahmawati Mulyaningtyas, M.Pd. Kata kunci: Kesiapan guru, Kurikulum Merdeka Peluncuran Kurikulum Merdeka pengganti Kurikulum 2013 sudah mulai diterapkan oleh beberapa jenjang pendidikan hal ini untuk memberikan guru kebebasan dalam melakukan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa. Namun masih banyak juga sekolah –sekolah yang belum menerapkan Kurikulum Merdeka terutama jenjang pendidikan anak usia dini. Dalam penerapannya Kurikulum Merdeka membutuhkan kesiapan yang matang utamanya dari para guru, yang memiliki peran aktif dalam implementasi Kurikulum Merdeka kepada siswa. Berkaitan dengan ini perlu adanya penelitian terkait kesiapan guru dalam persiapan implementasi Kurikulum Merdeka di TK Budi Utomo Serut. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan kesiapan guru dalam pemahaman strukur dan Implementasi Kurikulum Merdeka di TK Budi Utomo Serut. (2) Mendeskripsikan kesiapan guru dalam persiapan sarana dan prasarana implementasi Kurikulum Merdeka di TK Budi Utomo Serut. (3) Mendeskripsikan kesiapan guru dalam persiapan perangkat pembelajaran implementasi Kurikulum Merdeka di TK Budi Utomo Serut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Sumber data diambil dari kepala sekolah dan tiga guru. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sementara itu, pengecekan keabsahan data dengan melakukan pengamatan terus- menerus, Triangulasi sumber, dan Triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, kesiapan guru dalam persiapan implementasi Kurikulum Merdeka untuk lingkup pemahaman, realisasi sarana dan prasarana, serta penilaian pembelajaran sudah siap, sedangkan rencana pembelajaran, proses pembelajaran dan modul ajar belum ada. Kedua, hambatan guru dalam persiapan implementasi Kurikulum Merdeka adalah faktor keterbatasan waktu yang dialami sehingga menghambat pembuatan proses rencana pembelajaran, proses pembelajaran, dan modul ajar. Ketiga, upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi hambatan dalam persiapan implementasi Kurikulum Merdeka adalah dengan mengikuti workshop dan webinar, belajar melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM), belajar bersama, hingga masuk komunitas online, dan sharing dengan guru penggerak dan guru antarsekolah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206193030 MARIA NUR FADILA
Date Deposited: 31 Aug 2023 02:59
Last Modified: 31 Aug 2023 02:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39591

Actions (login required)

View Item View Item