STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (GPAI) DALAM MENANAMKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN PESERTA DIDIK DI STUDI KASUS SMP N 3 KALIDAWIR TULUNGAGUNG

MOH. HAFIDUL MUNGNI, 12201193074 (2023) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (GPAI) DALAM MENANAMKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN PESERTA DIDIK DI STUDI KASUS SMP N 3 KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (458kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (147kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (75kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (119kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (845kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (76kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (Gpai) Dalam Menanamkan Karakter Religius Melalui Kegiatan Keagamaan Peserta Didik Di Studi Kasus SMP N 3 Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Moh. Hafidul Mungni, NIM. 12201193074, pembimbing Dr. Muhammad Ja’far As-Shodiq, S.Kom, M.Pd.I Kata Kunci: Strategi Guru PAI, Karakter Religius, Kegiatan Keagamaan Latar belakang penelitian ini dikarenakan marakya kenakalan remaja dengan berbagai macamyang terjadi sehingga dari kejadian kejadian tersebutlah yang harus memberikan pembelajaran bagi pendidik agar menanamkan karakter religius kepada peserta didik dari sejak dini. Dengan diadakannya kegiatan penanaman karakter religius kepada peserta didik maka sedikit banyak akan memberikan pengetahuan dan menjadikannya pengingat akan sesuatu yang baik dan buruk. Berbagai upaya dapat dilakukan untuk membantu menanamkan karakter religius kepada peserta didik, seperti di bentuknya kegiatan keagamaan di sekolah. Dalam penelitian ini yang menjadi titik fokus pada penelitian ialah Bagaimana Perencanaan, Pelaksanaan serta Evaluasi guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan karakter religius peserta didik melalui kegiatan keagamaan di SMPN 3 Kalidawir Tulungagung. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mrngetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi tentang strategi guru PAI dalam menanamkan karakter religius kepada peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengumpulkan data secara deskriftif melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis datanya dalam penelitian ini yakni dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi data. Sedangkan subjek penelitiannya adalah kepala sekolah, waka kurikulum, dan guru PAI serta siswa dan siswi SMPN 3 Kalidawir. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan (1) Perencanaan yang dilakukan dalam penanaman karater religius melalui kegiatan keagamaan ialah yang pertama melakukan rapat Bersama antara guru PAI, kepala sekolah, waka kurikulum beserta guru SMPN 3 Kalidawir dalam menyiapkan kegiatan keagamaan, membuat jadwal solat duha, membuat jadwal solat duhur, memberikan selembaran pembiasaan, dan mendatangkan hafidzoh untuk kegiatan ektra tahfid untuk kegiatan keagamaan diluar kelas, sementara untuk kegiatan keagamaan didalam kelas ialah dengan menyiapkan guru yang memiliki fokus dibidangnya dan menyiapkan jadwal pembelajaran PAI pada setiap kelasnya (2) untuk pelaksanaan kegiatan keagamaan di SMPN 3 Kalidawir ialah terdiri dari kegiatan diluar kelas dan didalam kelas, untuk didalam kelas ialan melakukan pembelajaran PAI beserta prakteknya dengan optimal, dan untuk kegiatan keagamaan di luar kelas ialah dengan mmbiasakan melakukan kegiatan Senyum, sapa dan salam, lalu dilanjut dengan solat duha berjamaah bagi kelas yang memiliki jadwal tersebut sisanya tadarus Ala qur’an, lalu pembacaab doa Bersama sebelum pembelajaran dimulai, Ketika jam pelajaran berahir di lanjut dengan solat duhur berjamaah bagi kelas yang memiliki jadwal, dan juga ada kegiatan ekstrakurikuler tahfid bagi siswa siswi yang meminati mengikuti kegiatan tahfid (3) Evaluasi strategi guru PAI dalam menanamkan karakter religius kepada siswa melalui kegiatan keagamaan ialah dengan memberikan hukuman kepada siswa yang melanggar atau tidak mengikuti kegiatan yang diwajibkan menggunakan buku pedoman hukuman yang telah disediakan, dan juga agar kegiatan berjalan lancar dan mengurangi hambatan evaluasi yang dilakukan ialah selalu bekerja sama dengan seluruh guru di SMPN 3 Kalidawir, guru BK, Orang tua dan juga masyrakat, hal ini dilakukan agar memberikan hasil yang baik dalam strategi penanaman karakter religius melalui kegiatan keagamaan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Kepala Sekolah
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193074 MOH HAFIDUL MUNGNI
Date Deposited: 01 Sep 2023 03:48
Last Modified: 01 Sep 2023 03:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39617

Actions (login required)

View Item View Item