STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN KELAS I DENGAN MEDIA BIG BOOK DI MADRASAH IBTIDAIYAH NAHDLATUL ULAMA BANGUN KECAMATAN MUNJUNGAN

MELINDA NASUTION, 12205193014 (2023) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN KELAS I DENGAN MEDIA BIG BOOK DI MADRASAH IBTIDAIYAH NAHDLATUL ULAMA BANGUN KECAMATAN MUNJUNGAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (681kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (273kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Melinda Nasution. 12205193014. Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Kelas I Dengan Media Big Book di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Bangun Kecamatan Munjungan. Skripsi. Tulungagung: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Dr. H. Imam Junaris, S.Ag., M.H.I. Kata Kunci: Strategi, Guru, Membaca Permulaan, Big Book Perlunya peningkatan kemampuan membaca permulaan pada jenjang kelas I dengan menerapkan strategi serta penggunaan media sebagai pendukung dalam optimalisasi pembelajaran. Peneliti menemukan fakta melalui observasi bahwa masih terdapat kesulitan pada siswa kelas I MI Nahdlatul Ulama Bangun untuk membaca permulaan dikarenakan bahan bacaan yang terlalu padat isi, sulitnya dalam pengejaan, belum bisa menggabungkan kata, kalimat serta lupa dengan bentuk abjad. Asumsi peneliti dengan guru menerapkan strategi pembelajaran dan pemilihan media yang tepat dalam proses membaca permulaan akan diperoleh peningkatan kemampuan membaca permulaan. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi guru dalam pembelajaran membaca permulaan metode eja dengan media big book pada kelas I di Madrasah Ibtidaiyah Ulama Bangun Kecamatan Munjungan ? (2) Bagaimana strategi guru dalam pembelajaran membaca permulaan metode suku kata dengan media big book pada kelas I di Madrasah Ibtidaiyah Ulama Bangun Kecamatan Munjungan ? (3) Bagaimana strategi guru dalam pembelajaran membaca permulaan metode kata dengan media big book pada kelas I di Madrasah Ibtidaiyah Ulama Bangun Kecamatan Munjungan ? (4) Bagaimana strategi guru dalam pembelajaran membaca permulaan metode global dengan media big book pada kelas I di Madrasah Ibtidaiyah Ulama Bangun Kecamatan Munjungan ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya adalah deskripsi studi kasus. Sumber data yaitu kepala madrasah, waka kurikulum, guru, dan siswa kelas I. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Strategi membaca permulaan dengan metode eja dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan cara siswa ikut serta dalam strategi yang diberikan guru yaitu memperkenalkan bunyi dan simbol abjad mengajak bernyayi guna menghafal abjad serta evaluasi dengan satu per satu siswa untuk maju kedepan. Dan tentunya dengan pemilihan media yang tepat untuk digunakan dalam proses pembelajaran membaca yakni media big book. (2) Strategi membaca permulaan dengan metode suku kata dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan, guru menggunakan strategi dengan penyajian suku kata secara bertahap seperti dari suku kata yang mudahxvi hingga suku kata yang sulit. Hal tersebut dilakukan karena mengingat daya pikir siswa yang berbeda. Guru mengajarkan siswa untuk mengeja secara lantang agar bisa melakukan pembenahan jika ada pengucapan yang salah. (3) Strategi membaca permulaan dengan metode kata dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan, guru mengajarkan untuk mengeja dalam hati sehingga dengan sekali mengucap siswa mampu membaca kata yang tertulis tersebut. Hal tersebut dilakukan supaya siswa terbiasa tidak selalu mengeja dengan keras ketika melihat tulisan sebuah kata. Namun guru tetap merangkai dan mengkupas kata sebagai pengingat siswa agar tidak lupa terhadap abjad dan penggabungan suku kata. (4) Strategi membaca permulaan dengan metode global dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan, metode ini dikatakan sebagai puncak dari metode yang sudah dilalaui sebelumnya. Karena dari ke empat metode tersebut saling berkesinambungan dari metode sat uke metode lainnya dan terstruktur. Tampilan dari metode ini adalah susunan kata yang membentuk sebuah kalimat. Siswa akan dilatih membaca kalimat dari gabungan beberapa kata yang ada pada media big book.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 12205193014 MELINDA NASUTION
Date Deposited: 01 Sep 2023 07:05
Last Modified: 01 Sep 2023 07:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39625

Actions (login required)

View Item View Item