IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) MENGGUNAKAN MEDIA FLIP CHART UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DI KELAS VII MTS PSM TANEN REJOTANGAN

NUR EVIANI, 12209193093 (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) MENGGUNAKAN MEDIA FLIP CHART UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DI KELAS VII MTS PSM TANEN REJOTANGAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Menggunakan Media Flip Chart untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Kelas VII MTs PSM Tanen Rejotangan”. Ditulis oleh Nur Eviani, NIM. 12209193093, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dan dibimbing oleh Ibu Nur Isroatul Khusna, M.Pd Kata kunci: Project Based Learning, Flip Chart, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi yang peneliti lakukan di MTs PSM Tanen Rejotangan diketahui bahwa masih banyak ditemui beberapa permasalahan dalam pembelajaran IPS yaitu siswa kurang berpartisipasi dalam mengikuti pelajaran, mereka sibuk dengan kegiatannya sendiri seperti mengobrol dengan temannya yang lain, melamun bahkan ada yang tidur saat pembelajaran berlangsung. Hal itu menyebabkan siswa menjadi kurang memahami materi yang disampaikan sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa. Oleh karena itu guru dituntut sebagai fasilitator untuk meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran yang mengasyikkan agar tidak merasa jenuh serta mendorong motivasi belajar mereka sehingga nantinya akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Salah satunya dengan model pembelajaran Project Based Learning menggunakan media Flip Chart. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui perencanaan model Project Based Learning (PjBL) menggunakan media Flip Chart untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VII MTs PSM Tanen Rejotangan. 2) Mengetahui pelaksanaan model Project Based Learning menggunakan media Flip Chart untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VII MTs PSM Tanen Rejotangen. 3) Mengetahui implikasi model Project Based Learning menggunakan media Flip Chart dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VII MTs PSM Tanen Rejotangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed method, Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dan kuantitatif deskriptif statistik. Teknik pengumpulan data kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan penelitian kuantitatif menggunakan pengumpulan data dengan kuesioner. Analisis data kualitatif berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, sedangkan kuantitatif menggunakan analisi data berupa tabulasi tunggal dan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Perencanaan implementasi model Project Based Learning menggunakan media Flip Chart yaitu dengan menganalisis karakter dan kondisi siswa, menentukan tujuan belajar yang akan dicapai, menentukan materi beserta sumber belajar dan media pembelajaran, pembuatan RPP sesuai dengan silabus, menyusun lembar kerja siswa sebagai bahan evaluasi. 2) Pelaksanaan dalam penerapan model Project Based Learning menggunakan media Flip Chart terdiri dari enam langkah. Langkah pertama penentuan pertanyaan mendasar, merencanakan proyek, menyusun jadwal pelaksanaan proyek, monitoring proyek, menguji hasil, serta evaluasi. 3) Implikasi model Project Based Learning menggunakan media Flip Chart untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VII MTs PSM Tanen Rejotangan yaitu diperoleh hasil belajar pada aspek kognitif siswa mampu bertanya kepada guru, siswa mampu menjawab, siswa juga mampu dalam menyampaikan pendapatnya. Kemudian pada aspek afektif, terlihat dari siswa memiliki kemauan mencatat, siswa mampu berkonsentrasi waktu belajar, dan kemauan untuk mengikuti semua aturan selama proses pembelajaran. Kemudian pada ranah psikomotik juga diidentifikasi dari keterampilan siswa, siswa mampu menirukan hasil karya guru, siswa mampu mengulangi pelaksan aan proyek mereka secara prosedural, siswa mampu mempresentasikan hasil proyek mereka dengan cepat dan akurat, siswa mampu merespon secara spontan selama proses pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12209193093 Nur Eviani
Date Deposited: 06 Sep 2023 03:26
Last Modified: 06 Sep 2023 03:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39644

Actions (login required)

View Item View Item