PEMBELAJARAN METODE TILAWATI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BACAAN AL-QUR`AN (Studi Multikasus di Sekolah Dasar Islam Al-Badar Tulungagung dan Madrasah Ibtidaiyah Al-Qur`an Jabalkat Tulungagung)

DEWI ZAHROTUL INAYAH, 17506164020 (2023) PEMBELAJARAN METODE TILAWATI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BACAAN AL-QUR`AN (Studi Multikasus di Sekolah Dasar Islam Al-Badar Tulungagung dan Madrasah Ibtidaiyah Al-Qur`an Jabalkat Tulungagung). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (668kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (305kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB) | Preview

Abstract

Tesis dengan judul “Pembelajaran Metode Tilawati dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur`an (Studi Multikasus di Sekolah Dasar Islam Al-Badar Tulungagung dan Madrasah Ibtidaiah Al-Qur`an Jabalkat Tulungagung)” ini ditulis oleh Dewi Zahrotul Inayah dengan dibimbing oleh Dr. H. Kojin, MA dan Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M.Ag. Kata Kunci : Pembelajaran Metode Tilawati, Kualitas Bacaan Al-Qur`an Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pengetahuan guru dalam memahami dan menguasai baik dalam hal isi materi maupun metode penyampaian dalam pembelajaran Al Qur’an secara baik dan tepat. Salah satu solusi untuk menjawab permasalahan tersebut adalah dengan mengikuti pelatihan, khususnya pelatihan pembelajaran Al Qur’an sesuai dengan metode yang ingin diterapkan di sekolah. Seperti sekolah yang menerapkan metode Tilawati dalam pembelajaran Al Qur’an, yang salah satunya adalah SDI Al-Badar Tulungagung dan MI AlQur`an Jabalkat Tulungagung yang sudah menerapkan metode Tilawati dalam pembelajaran Al Qur’annya. Dengan menggunakan metode tilawati dapat membantu untuk mempermudah membaca Al-Qur`an dengan tartil dan benar. Fokus penelitian dalam tesis ini adalah : (1) Bagaimana desain pembelajaran metode tilawati dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur`an di SDI Al-Badar Tulungagung dan MI Al-Qur`an Jabalkat Tulungagung? (2) Bagaimana proses pembelajaran metode tilawati dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur`an di SD Islam Al-Badar dan MI Al-Qur`an Jabalkat Tulungagung? (3) Bagaimana hasil penerapan metode tilawati dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur`an di SD Islam Al-Badar dan MI AlQur`an Jabalkat Tulungagung? Tesis ini bermanfaat bagi kepala sekolah sebagai bahan laporan atau sebagai pedoman dalam mengambil kebijakan tentang proses pembelajaran guna meningkatkan bacaan Al-Qur`an dengan metode tilawati, bagi pendidik dapat dijadikan referensi bagi guru dalam pengimplementasian metode tilawati AlQur`an dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur`an, dan bagi siswa dapat menambah khazanah keilmuan peneliti tentang strategi pembelajaran Al-Qur`an dalam meningkatkan kualitas membaca dengan metode tilawati. Dari hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa : (1) Desain pembelajaran Al-Qur`an di Al-Badar Islamic Elementary School Tulungagung dan MI Al-Qur`an Jabalkat Tulungagung telah dipertimbangkan untuk memilih metode tilawati, yaitu karena metode tilawati lebih mudah untuk dipelajari dan sesuai dengan semua kalangan masyarakat. (2) Dalam proses pembelajarannya, metode tilawati di SDI Al-Badar Tulungagung dan MI Al-Qur`an Jabalkat Tulungagung yaitu dengan cara di bagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan jilid dan tingkat kemampuan siswa kemudian dimulai dengan tartil bersama-sama dan dilanjutkan dengan hafalan Al-Qur`an dan juga do’a-do’a. (3) Hasil hasil yang dirasakan oleh siswa SDI Al-Badar Tulungagung dan MI Al-Qur`an Jabalkat Tulungagung dengan menggunakan metode tilawati dalam pembelajaran Al-Qur`an yaitu siswa mampu membaca Al-Qur`an dengan tartil, benar tajwid, makhorijul huruf dan panjang pendek harokatnya serta mudah dalam menghafalkan Al-Qur`annya.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 17506164020 DEWI ZAHROTUL INAYAH
Date Deposited: 29 Aug 2023 12:29
Last Modified: 29 Aug 2023 12:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39665

Actions (login required)

View Item View Item