PENGARUH MEDIA PPT INTERAKTIF TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VII MTsN 10 BLITAR

ANDI AGUNG CAHYONO, 12204183168 (2023) PENGARUH MEDIA PPT INTERAKTIF TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VII MTsN 10 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (305kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (81kB) | Preview
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (128kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “ Pengaruh Media PPT Interaktif Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Kelas VII MTsN 10 Blitar “ ini ditulis oleh Andi Agung Cahyono, NIM 12204183168, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Nani Sunarmi, S.Si., M.Sc. Kata Kunci : Media Power Point Interaktif, Minat Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat siswa dalam pembelajaran matematika yang akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Selain itu proses pembelajaran masih cenderung didominasi atau terpusat pada guru dan menggunakan metode ceramah yang menyebabkan siswa merasa jenuh dan kurang bersemangat dalam belajar sehingga pembelajaran kurang optimal. Salah satu upaya untuk meningkatkan minat belajar siswa guna mencapai keberhasilan belajar adalah dengan menggunakan bahan ajar yang bervariasi untuk menarik siswa agar lebih semangat belajar di antaranya dengan menggunakan media power point interaktif. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh media PPT interaktif terhadap minat belajar matematika kelas VII MTsN 10 Blitar. 2) pengaruh media PPT interaktif terhadap hasil belajar matematika kelas VII MTsN 10 Blitar. 3) besar pengaruh media PPT interaktif terhadap minat dan hasil belajar matematika kelas VII MTsN 10 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu angket, tes dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN 10 Blitar dengan mengambil 2 sampel yaitu kelas VII B sebagai kelas kontrol dan kelas VII C sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik uji t berbantuan SPSS 26,0 for windows dan menggunakan uji effect size. Berdasarkan hasil analisis data diketahui: 1) ada pengaruh media PPT interaktif terhadap minat belajar matematika kelas VII MTsN 10 Blitar. 2) ada pengaruh media PPT interaktif terhadap hasil belajar matematika kelas VII MTsN 10 Blitar. 3) besar pengaruh media PPT interaktif terhadap minat dan hasil belajar matematika kelas VII MTsN 10 Blitar berdasarkan perhitungan effect size dan tabel interpretasi nilai Cohen’s diperoleh nilai d pada minat belajar sebesar 0,528 atau 69% dan pada hasil belajar matematika sebesar 0,533 atau 69% yang menunjukkan bahwa besar pengaruhnya tergolong sedang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Aljabar
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Minat Belajar
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183204 DEDEB BAYU ANGGORO
Date Deposited: 04 Sep 2023 04:35
Last Modified: 04 Sep 2023 04:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39670

Actions (login required)

View Item View Item