FITRI ANJAR WATI, 12204183134 (2023) DEFRAGMENTING STRUKTUR BERFIKIR SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI SPLDV KELAS VIII SMP NEGERI 2 TEGALOMBO. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (559kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (425kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (307kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (349kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (570kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (463kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (315kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (101kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (240kB) | Preview |
Abstract
Defragmenting dalam struktur berpikir adalah penataan ulang struktur berpikir ketika melakukan kesalahan dlam proses penyelesaikan permasalahan matematika melalui proses scaffolding (upaya pemberian bantuan),conflict cognitif((pertentangan konsep siswa dengan konsep ilmiah), dan disequiilibrasi (pemberian bantuan dan pembentukan koneksi dalam struktur berpikir siswa). Tujuan penelitian yang ingin dicapai dari peneliti ini adalah [1] Untuk mendeskripsikan Defragmenting Kemampuan Struktur Berpikir Siswa yang Memiliki Kemampuan Tinggi dalam Menyelesaikan Masalah matematika Pada Materi SPLDV kelas VIII SMP Negeri 2 Tegalombo, [2]Untuk mendeskripsikan Bagaimana Defragmenting Kemampuan Struktur Berpikir Siswa yang Memiliki Kemampuan Sedang dalam Menyelesaikan Masalah matematika Pada Materi SPLDV kelas VIII SMP Negeri 2 Tegalombo, [3]Untuk Mendeskripsikan Bagaimana Defragmenting Kemampuan Struktur Berpikir Siswa yang Memiliki Kemampuan Rendah dalam Menyelesaikan Masalah matematika Pada Materi SPLDV kelas VIII SMP Negeri 2 Tegalombo. Jenis Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, yang bertujuan utama mendeskripsikan defragmenting struktur berpikir siswa dalam mengonstruksi konsep matematika pada materi SPLDV. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 2 Tegalombo kelas VIII-C, peneliti bertindak sebagai instrument sekaligus pengumpul data dan mengamati. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik tes, wawancara dan dokumentasi.Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa [1] Siswa SMP berkemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan masalah matematika materi SPLDV belum mampu menemukan strategi penyelesaian maka diperlukan proses defragmenting dengan 3 tahap yakni disequilibrasi, conflict cognitive, dan scaffolding. [2] Siswa SMP berkemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan masalah matematika materi SPLDV belum mampu mengerjakan permasalahan dengan terstruktur dan jelas maka diperlukan proses defragmenting untuk menata struktur berfikirnya kembali untuk dapat menemukan penyelesaian [3] Siswa SMP berkemampuan matematika Tinggi dalam menyelesaikan masalah matematika materi SPLDV mampu mengerjakan permasalahan dengan terstruktur dan jelas, siswa juga menyelesaikan masalah dengan mudah di pahami. Siswa berkemampuan tinggi tidak perlu proses defragmentasi dikarenakan struktur berpikir subjek sudah tertata dengan rapi, oleh karena itu tidak perlu diberikannya defragmentasi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan Pendidikan > Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183134 Fitri Anjar Wati |
Date Deposited: | 04 Sep 2023 05:32 |
Last Modified: | 04 Sep 2023 05:32 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39675 |
Actions (login required)
View Item |