M. ZAINUL MUTAQIN, 12201183380 (2023) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN ETIKA ISLAMI PADA SISWA DI MA PLUS HIKMATUL MUBTADI-IEN KEDIRI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Aqidah Akhlak dalam Meningkatkan Etika Islami Pada Siswa di MA Plus Hikmatul Mubtadi-ien Kediri” ini ditulis oleh M. Zainul Mutaqin, NIM 12201183380, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh : M. Dwi Toriyono, M.Pd. Kata Kunci : Strategi, Guru, Etika Guru merupakan salah satu unsur dalam bidang kependidikan harus berperan aktif dan bisa menempatkan kedudukannya sebagai tenaga profesional sesuai dengan ketentuan masyarakat yang semakin berkembang, oleh karena itu guru tidak hanya sebagai pengajar dan pendidik, juga sekaligus sebagai pembimbing yang mengarahkan dan mengantarkan peserta didiknya ke taraf yang dicita-citakan. Fokus masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi belajar mengajar guru akidah akhlak dalam meningkatkan etika islami pada siswa di MA Plus Hikmatul Mubtadi-ien Kediri? (2) Bagaimana hambatan strategi guru akidah akhlak dalam meningkatkan etika islami pada siswa di MA Plus Hikmatul Mubtadi-ien Kediri? (3) Bagaimana dampak strategi guru akidah akhlak dalam meningkatkan etika islami pada siswa di MA Plus Hikmatul Mubtadi-ien? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan penelitian, ketekunan pengamat, triangulasi (triangulasi sumber dan triangulasi teknik), pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) strategi guru akidah akhlak dalam meningkatkan etika islami pada siswa yaitu dengan menekankan kedisiplinan peserta didik yang dapat berupa teguran bagi siswa yang melakukan perbuatan kurang baik seperti bolos, dan pembiasaan keagamaan seperti sholat berjamaah, serta pemberian hukuman tegas bagi siswa yang melanggar tata tertib sekolah. (2) hambatan dalam melaksanakan strategi guru dalam meningkatkan etika dikarenakan masih ada beberapa peserta didik yang bandel dan susah diatur. (3) dampak strategi guru akidah akhlak dalam meningkatkan etika islami yaitu adanya perubahan yang baik terhadap sikap, peserta didik menjadi lebih rajin sehingga pembelajaran menjadi lebih kondusif.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah aliyah Pendidikan Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S1 12201183380 M. ZAINUL MUTAQIN |
Date Deposited: | 04 Sep 2023 06:09 |
Last Modified: | 04 Sep 2023 06:09 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39679 |
Actions (login required)
View Item |