WAHYU QIQI MAWADDAH, 12212173058 (2023) PENGEMBANGAN LKS DENGAN MODEL PBI (PROBLEM BASED INSTRUCTION) BERMUATAN CINTA TERHADAP LINGKUNGAN PADA MATERI ZAT ADITIF DAN ZAT ADIKTIF KELAS VIII SMPI ASSALAM JAMBEWANGI BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (291kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (432kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (335kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (512kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (483kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (653kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (407kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan LKS dengan Model PBI(Problem Based Instruction) Bermuatan Cinta terhadap Lingkungan pada Materi zat Aditif dan zat Adiktif Kelas VIII SMPI Assalam Jambewangi Blitar” ini ditulis oleh Wahyu Qiqi Mawaddah, NIM 12212173058, Jurusan Tadris Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah. Dosen pembimbing Drs. Hj. Umy Zahroh, M. Kes, Ph. D. Kata Kunci: LKS, PBI, Zat Aditif dan Zat Adiktif Materi zat aditif dan zat adiktif merupakan materi yang memiliki karakteristik aplikatif yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam penyampaian materi ini harus dengan bahan ajar yang cocok agar peserta didik memahami dan mengerti materi tersebut. Bahan ajar yang digunakan guru dalam proses mengajar biasanya hanya berupa buku paket, LKS yang beredar dipasaran, dan bahan ajar yang dibuat bersama di MGMP. Pada saat pembelajaran guru harus pandai-pandai dalam memilih bahan ajar yang akan diberikan kepada peserta didiknya. Bahan ajar yang digunakan harus menarik, sehingga peserta didik tidak merasa bosan.Selain media pembelajaran guru juga harus mempedulikan model pembelajaran yang menyebabkan peserta didik menjadi aktif. Model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat secara aktif mengkontruksi pengetahuannya adalah Pembelajaran Berdasarkan Masalah atau yang seringkali dikenal sebagai Problem Based Instruction (PBI). Oleh karena itu, perlunya dilakukan pengembangan bahan ajar berupa LKS dengan model PBI pada materi zat aditif dan zat adiktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan respon peserta didik terhadap LKS yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model Borg dan Gall yang hanya sampai 6 tahapan. Tahapan tersebut meliputi analisis potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk skala kecil. Instrumen yang digunakan berupa wawancara, lembar validasi dan angket respon peserta didik. Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif dari dosen dan guru sebagai ahli materi dan media, serta respon peserta didik kelas VIII. Berdasarkan hasil validasi ahli materi diperoleh hasil 86% dan validasi ahli media diperoleh hasil 82% dengan demikian produk yang dihasilkan dinyatakan sangat layak untuk digunakan. Setelah dilakukan validasi dan perbaikan kemudian produk di uji cobakan skala kecil dengan 11 peserta didik dan diperoleh hasil responnya yaitu 77% yang dinyatakan layak, dengan demikian LKS yang dikembangakan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar pendamping pembelajaran.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Kimia Kimia > Molekul Kimia Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia |
Depositing User: | S1 12212173058 Wahyu Qiqi Mawaddah |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 03:04 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 03:04 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39680 |
Actions (login required)
View Item |