IMPLEMENTASI METODE DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN FIELD WORK MATERI PERSEBARAN FLORA DI INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK SISWA KELAS XI DI MA AT THOHIRIYAH NGANTRU TULUNGAGUNG

KHISNI KHOLIFATUN NISA’, 12209193035 (2023) IMPLEMENTASI METODE DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN FIELD WORK MATERI PERSEBARAN FLORA DI INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK SISWA KELAS XI DI MA AT THOHIRIYAH NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (687kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (704kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (357kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Metode Discovery Learning Menggunakan Field Work Materi Perseba ran Flora di Indonesia Untuk Meningkatkan Kemampuan Psikomotorik Siswa Kelas XI di MA At Thohiriyah Ngantru Tulungagung”. Ditulis oleh Khisni Kholifatun Nisa’, NIM. 1220193035, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dan dibimbing oleh Ibu Nur Isroa tul Khusna, M.Pd Kata kunci: Discovery Learning, Field Work, Psikomotorik Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya pembelajaran yang mengguakan metode discovery learning menggunakan field work yang dilakukan di sekolah MA At Thohiriyah Ngantru Tulungagung. Metode discovery learning adalah teknik pembelajaran yang melibatkan kemampuan siswa secara kritis, logis, maupun sistematis, yang menghasilkan perubahan pada pengetahuan, sikap, maupun keterampilan. Metode discovery learning dalam penerapannya menggunakan beberapa langkah yang dikombinasi dengan medol field work, yang mana siswa dituntut untuk mengetahui dunia luar agar dapat menemukan data da n mengelolahnya. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana langkah-langkah implementasi metode discovery learning menggunakan field work materi persebaran flora di Indonesia tahun pelajaran 2022/2023? 2) Apa faktor pendukung dan penghambat penerapan metode discovery learning menggunakan field work materi persebaran flora di Indonesia tahun pelajaran 2022/2023? 3) Bagaimana implikasi metode discovery learning menggunakan field work materi persebaran flora di Indonesia terhadap kemampuan psikomotorik siswa tahun pelajaran 2022/2023?. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui langkah-langkah implementasi metode discovery learning menggunakan field work materi persebaran flora di Indonesia. 2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan metode discovery learning menggunakan field work materi persebaran flora di Indonesia. 3) Mengetahui implikasi metode discovery learning menggunakan field work materi persebaran flora di Indonesia terhada p kemampuan psikomotorik siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian mixed methods. Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif statistik dan kualitatif deskriptif. Sedangkan metode pengumpulan data kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan penelitian kuantitatif menggunakan pengumpulan data dengan kuesioner. Analisis data kualitatif berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, sedangkan kuantitatif menggunakan analisi data berupa tabulasi tunggal dan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Langkah-langkah metode discovery learning menggunakan field work melalui tahap kegiatan pembuka, inti, dan kegia tan penutup, dengan menggunakan beberapa langkah kegiatan belajar menjagar dengan simulation, problem statement, data collaction, data processing, verification, dan generalization. 2) faktor pedukung metode discovery learning menggunakan field work yaitu sarana dan prasarana yang memadai, dan guru professional menjadikan proses pembelajaran lebih efektif karena guru menguasai materi pembelajaran. Faktor penghambat metode discovery learning menggunakan field work yaitu kurangnya disiplin siswa, materi yang sulit dimengerti yang dapat menghambat proses pembelajaran, dan waktu yang terbatas ditetapkan seba gaimana terjadwaal pada sekolahan MA At Thohiriyah Ngantru Tulungang. 3) Implikasi penerapan metode discovery learning menggunakan field work pada materi persebaran flora di Indonesia kelas XI MA At Thohiriyah Ngantru yaitu siswa dapat meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa dengan indikator pencapaian yaitu meniru, memanipulasi, pengalamiahan (naturalisasi), dan artikulasi

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12209193035 KHISNI KHOLIFATUN NISA'
Date Deposited: 05 Sep 2023 04:09
Last Modified: 05 Sep 2023 04:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39691

Actions (login required)

View Item View Item