IMPLEMENTASI DISKUSI KELOMPOK KECIL UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 4 DI MIN 8 BLITAR

DEVI AYU NINGSIH, 12205173116 (2023) IMPLEMENTASI DISKUSI KELOMPOK KECIL UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 4 DI MIN 8 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (935kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (332kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB)

Abstract

ABSTRAKxi Skripsi yang berjudul “Implementasi Diskusi Kelompok Kecil Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas 4 di MIN 8 Blitar”, yang ditulis oleh Devi Ayu Ningsih, NIM 12205173116, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah yang dibimbing oleh Bagus Setiawan M.Pd. Kata Kunci : Implementasi, Diskusi Kelompok Kecil, Keaktifan Belajar Siswa, Pembelajaran Tematik. Konteks penelitian pada penelitian ini dilatarbelakangi pada pembelajaran tematik yang lebih menekankan pada keterlibatan siswa dalam proses belajar secara aktif dalam proses pembelajaran. Guru di tuntut dapat menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi sehingga pembelajaran tidak terasa monoton dan membosankan. Salah satu metode pembelajaran yang dapat menunjang keaktifan belajar siswa pada pembelajaran tematik ialah melalui metode diskusi kelompok kecil. Penggunaan metode diskusi ini siswa lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran karena penilaian dalam metode ini adalah hasil kerja kelompok. Fokus penelitian ini antara lain : 1) Bagaimana Proses Implementasi Diskusi Kelompok Kecil Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas 4 di MIN 8 Blitar ?. 2) Bagaimana Kesulitan dalam Implementasi Diskusi Kelompok Kecil Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas 4 di MIN 8 Blitar? 3) Untuk Mengetahui Hasil dari Implementasi Diskusi Kelompok Kecil Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas 4 di MIN 8 Blitar?. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data ini melalui hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan pada penelitian ini melalui kondensasi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Adapun teknik keabsahan data yang digunakan adalah model trianggulasi, penambahan waktu penelitian dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil pada penelitian ini antara lain : 1) proses implementasi diskusi kelompok kecil meliputi perencanaan membuat RPP, Silabus dan penentuan metode diskusi sebagai metode utama. 2) Kesulitan dalam implementasi ini terbagi dalam tiga faktor yakni faktor guru, siswa dan waktu pembelajaran. 3) Hasil implementasi diskusi kelompok kecil antara lain : a) siswa bersama kelompok mampu mengamati ilustrasi yang telah di berikan oleh guru, b) siswa memiliki kebiasan bertanya dan menjawab pertanyaan guru melalui diskusi kelompok. c) siswa aktif dalam menyimpulkan hasil diskusi bersama kelompok. d) siswa yang awalnya pasif dalam pembelajaran sekarang aktif dalam kegiatan diskusi seperti berkomunikasi dengan guru maupun dengan teman kelompok.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 12205173116 DEVI AYU NINGSIH
Date Deposited: 05 Sep 2023 02:07
Last Modified: 05 Sep 2023 02:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39707

Actions (login required)

View Item View Item