STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMAHAMKAN MATERI WARIS MELALUI MEDIA NADZAM (BAIT SYAIR) DI MTsN 5 KEDIRI

SITI MA'RIFATUL MAHMUDAH, 12201193137 (2023) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMAHAMKAN MATERI WARIS MELALUI MEDIA NADZAM (BAIT SYAIR) DI MTsN 5 KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (887kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (241kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (421kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (706kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (862kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (389kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan Judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Memahamkan Materi Waris Melalui Media Nadzam (Bait Syair) di MTsN 5 Kediri”, ini ditulis oleh Siti Ma’rifatul Mahmudah, NIM. 12201193137. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd., NIP. 198108012009121004. Kata Kunci : Strategi Guru PAI, Materi Waris, Media Nadzam (Bait Syair) Penelitian ini dilatar belakangi oleh strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam memahamkan materi waris yang biasanya peserta didik merasa kesulitan dalam mempelajari materi waris dan cenderung membuat peserta didik merasa cepat bosan saat pembelajaran berlangsung. Sehingga guru Pendidikan Agama Islam memiliki strategi yang tepat dalam pembelajaran waris supaya pembelajaran tetap berjalan dengan efektif, efisien dan optimal serta dapat berlangsung dengan baik yaitu dengan menggunakan media nadzam (bait syair).Fokus penelitian ini adalah : (1) Bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam perencanaan pembelajaran media nadzam (bait syair) pada materi waris di MTsN 5 Kediri?, (2)Bagaimana Pembelajaran Materi Waris dengan Mengunakan Media Nadzam (Bait Syair) di MTsN 5 Kediri?, (3) Bagaimana Dampak Penggunaan Media Nadzam (Bait Syair) Terhadap Pemahaman Peserta Didik di MTsN 5 Kediri?. Berdasarkan permasalahan diatas, tujuan penelitian ini dilaksanakan adalah : (1) Menjelaskan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam perencanaan pembelajaran media nadzam (bait syair) pada materi waris di MTsN 5 Kediri. (2) Menjelaskan Pembelajaran Materi Waris dengan Mengunakan Media Nadzam (Bait Syair) di MTsN 5 Kediri. (3) Menjelaskan Dampak Penggunaan Media Nadzam (Bait Syair) Terhadap Pemahaman Peserta Didik di MTsN 5 Kediri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Dalam penelitian ini teknik penelitian data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam perencanaan pembelajaran media nadzam (bait syair) pada materi waris di MTsN 5 Kediri meliputi strategi pengorganisasian yaitu sebagai struktural strategi, yang mengacu pada cara untuk mebuat urutan dan mensintesisi fakta, konsep prosedur dan prinsip yang berkaitan dengan pembelajaran, yang dilaksanakan di MTsN 5 Kediri yaitu pembuatan RPP dan silabus. (2) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Memahamkan Materi Waris Melalui Media Nadzam (Bait Syair) di MTsN 5 Kediri yang kedua strategi penyampaian. Strategi penyampaian pembelajaran mencakup tiga hal yaitu pertama media dan metode pembelajaran, kedua interaksi si belajar, ketiga bentuk belajar mengajar.Strategi pengelolaan pembelajaran Pendididkan Agama Islam dalam Memahamkan Materi Waris Melalui Media Nadzam (Bait Syair) di MTsN 5 Kediri yaitu mencakup empat hal yang menjadi urusan strategi pengelolaan diantaranya penjadualan penggunaan strategi pembelajaran, pembuatan catatan kemajuan belajar siswa, pengelolaan motivasional dan kontrol belajar. (3) Dampak Penggunaan Media Nadzam (Bait Syair) Terhadap Pemahaman Peserta Didik di MTsN 5 Kediri yaitu berdasarkan hasil analisis dampak penggunaan media nadzam pada materi waris ini maka nilai terendah 67, nilai tertinggi 85, jumlah siswa yang tuntas 8, jumlah siswa yang belum tuntas 12, presentasi ketuntasan peserta didik yang sudah memahami materi waris melalui media nadzam adalah 40%. Sedangkan presentasi peserta didik yang belum memahami materi waris melalui media nadzam ini adalah 60%. Dan dinyatakan dalam rata-rata pemahaman peserta didik terhadap materi waris melalui media nadzam ini adalah 70,75%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mahmudah siti ma'rifatul
Date Deposited: 05 Sep 2023 03:40
Last Modified: 05 Sep 2023 03:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39709

Actions (login required)

View Item View Item