PENGARUH PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING MENGGUNAKAN STRATEGI SELF ASSESSMENT DENGAN METODE DRILL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XII-IPS 1 DI MAN PANGGUL TAHUN AJARAN 2015/2016

EVIATIN, 2814123075 (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING MENGGUNAKAN STRATEGI SELF ASSESSMENT DENGAN METODE DRILL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XII-IPS 1 DI MAN PANGGUL TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img] Text
cover.pdf

Download (111kB)
[img]
Preview
Text
BAB I..pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4..pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 .pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 6.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar rujukan + lampiran.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penerapan Model Cooperative Learning Menggunakan Strategi Self Assessment dengan Metode Drill Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XII IPS 1 di MAN Panggul Tahun Ajaran 2015/2016”. Ini ditulis oleh EVIATIN (2814123075), jurusan Tadris Matematika (TMT), Fakultas Tarbiah Dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Eni Setyowati, S. Pd, MM. Kata kunci: cooperative learning, self assessment, drill, hasil belajar. Latar belakang dari penelitian ini karena rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan kurang tepatnya model pembelajaran yang digunakan oleh guru, maka dari itu peneliti menggunakan model cooperative learning menggunakan strategi self assessment dengan metode drill. Model cooperative learning merupakan bentuk pengajaran yang membagi siswa menjadi beberapa kelompok yang bekerja sama untuk memecahkan masalah. Strategi self assessment memuat siswa akan mengetahui kemampuannya yang bisa menumbuhkan semangat untuk memperbaiki suatu yang belum siswa pahami. Metode drill merupakan suatu metode yang bisa membuat siswa lebih tangkas dalam menyelesaikan tugas. Dalam hal ini, peneliti menggunakan model pembelajaran berkelompok dalam mengerjakan soal dan setelah itu peserta didik disuruh mengisi lembar self assessment agar mereka bisa mengerti kelemahan dan kekurangannya, setelah siswa mengetahui kelemahanya mereka bisa memperbaiki kelemahanya serta diberi soal latihan agar siswa bisa melatih ketangkasan dalam mengerjakan soal pada materi yang sudah mereka terima. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimana hasil belajar matematika menggunakan model cooperative learning menggunakan strategi self assessment dengan metode drill pada materi baris dan deret siswa kelas XII IPS 1 di MAN Panggul tahun ajaran 2015/2016?, (2) Apakah ada pengaruh penerapan model cooperative learning menggunakan strategi self assessment dengan metode drill pada materi baris dan deret siswa kelas XII IPS 1 di MAN Panggul tahun ajaran 2015/2016?, (3)Berapa besar pengaruh penerapan model cooperative learning menggunakan strategi self assessment dengan metode drill pada materi baris dan deret siswa kelas XII IPS 1 di MAN Panggul tahun ajaran 2015/2016? Pendekatan penelitian yang berdasarkan sifat datanya, antara lain pendekatan penelitian kuantitatif dimana data yang dikumpulkan bersifat angka-angka statistik. Analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar matematika menggunakan model cooperative learning menggunakan strategi self assessment dengan metode drill pada materi baris dan deret siswa kelas XII IPS 1 di MAN Panggul tahun ajaran 2015/2016 mengalami peningkatan yaitu kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata kelas 86.85185 sedangkan kelas kontrol memiliki nilai rata-rata kelas 76.85185 yang mimiliki selisih nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol 10, (2) Terdapat pengaruh penerapan model cooperative learning menggunakan strategi self assessment dengan metode drill pada materi baris dan deret siswa kelas XII IPS 1 di MAN Panggul tahun ajaran 2015/2016. Hal ini ditunjukkan oleh nilai perhitungan ada perbedaan yang signiifikan antara thitung dan ttabel. Hasil analisis dengan uji-t diperoleh nilai thitung yaitu 5,567397 dan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 1,675. Berdasarkan hal tersebut, maka terdapat pengaruh penerapan model cooperative learning menggunakan strategi self assessment dengan metode drill terhadap hasil belajar matematika, (3) Pengaruh penerapan model cooperative learning menggunakan strategi self assessment dengan metode drill pada materi baris dan deret siswa kelas XII IPS 1 di MAN Panggul tahun ajaran 2015/2016 memiliki pengaruh yang tergolong rendah dapat kita lihat sebesar 13,01205%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814123075 EVIATIN
Date Deposited: 25 Oct 2016 01:39
Last Modified: 25 Oct 2016 01:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3974

Actions (login required)

View Item View Item