AMALIYAH NUR JANNAH, 12204193261 (2023) KEMAMPUAN PEMBUKTIAN MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS XII-MIPA 2 MAN 3 TULUNGAGUNG MATERI LIMIT FUNGSI TRIGONOMETRI DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE. [ Skripsi ]
|
Text
Cover.pdf Download (718kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (404kB) | Preview |
|
Text
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) |
||
Text
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) |
||
Text
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) |
||
Text
Bab 6.pdf Restricted to Registered users only Download (79kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (106kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Kemampuan Pembuktian Matematis Peserta Didik Kelas XII MAN 3 Tulungagung Materi Limit Fungsi Trigonometri Ditinjau dari Self Confidence” ditulis oleh Amaliyah Nur Jannah NIM. 12204193261, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Ibu Nadya Alvi Rahma, S.Pd., M.Si. Kata Kunci : Kemampuan Pembuktian Matematis, Self Confidence Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya peserta didik yang merasa kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal pembuktian secara sistematis. Kesulitan tersebut disebabkan oleh kurangnya pemahaman terhadap materi juga kurangnya latihan dalam menyelesaikan soal-soal pembuktian. Kemampuan pembuktian matematis adalah kesanggupan suatu individu/peserta didik dalam mengumpulkan serangkaian asumsi mengenai persoalan matematika untuk menghilangkan ketidakyakinan terhadap suatu hal. Tinggi rendahnya kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal pembuktian juga dapat dipengaruhi oleh self confidence/kepercayaan diri yang ada di dalam diri mereka. Self confidence adalah sikap atau perasaan yakin yang dimiliki oleh seseorang, dimana keyakinan tersebut dapat mendorong dirinya untuk menyelesaikan masalah yang terjadi .Oleh karena itu, selain kemampuan pembuktian matematis, self confidence/kepercayaan diri juga menjadi salah satu kemampuan yang harus dimiliki peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) mendeskripsikan kemampuan pembuktian matematis peserta didik dengan self confidence rendah, 2) mendeskripsikan kemampuan pembuktian matematis peserta didik dengan self confidence sedang, dan 3) mendeskripsikan kemampuan pembuktian matematis peserta didik dengan self confidence tinggi. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di MAN 3 Tulungagung dengan subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas XII-MIPA 2 yang berjumlah 22 peserta didik. Enam peserta didik dipilih dari dua puluh dua peserta didik sebagai subjek yang dikategorikan berdasarkan self confidence rendah, sedang, dan tinggi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah 1) peserta didik yang memiliki self confidence rendah, memiliki kemampuan pembuktian matematis yang tergolong rendah, 2) peserta didik yang memiliki self confidence sedang, memiliki kemampuan pembuktian matematis yang tergolong sedang, dan 3) peserta didik yang memiliki self confidence tinggi, memiliki kemampuan pembuktian matematis yang tergolong tinggi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204193261 Amaliyah Nur Jannah |
Date Deposited: | 05 Sep 2023 07:57 |
Last Modified: | 05 Sep 2023 07:57 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39752 |
Actions (login required)
View Item |