KHOIRUNNISA NOVIA ISMANIA, 12201183138 (2023) PERAN GURU PAI DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MTSN 5 JOMBANG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (3MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (3MB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Guru PAI dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa kelas VII Pada Mata Pelajaran Fikih di MTsN 5 Jombang” ini ditulis oleh Khoirunnisa Novia Ismiana, NIM 12201183138, pembimbing Bapak Moh. Mashudi, M.Pd.I. NIDN. 2003018502 Kata kunci: Peran Guru, Kesulitan Belajar, PAI Pendidikan merupakan masalah yang terpenting dalam sebuah kehidupan manusia dan tidak dapat dipisahkan karena tanpa pendidikan manusia tidak dapat tumbuh dan berkembang. Untuk mencapai tujuan pendidikan, maka keberhasilan pendidikan sangat tergantung kepada unsur manusia terutama guru. Dalam kegiatan belajar mengajar sering terjadi permasalahan yang dapat menghambat proses dan keberhasilan belajar, karena proses belajar merupakan kegiatan yang dinamis, sehingga perlu dilakukan pengamatan secara terus menerus terhadap perubahan-perubahan yang terjadi pada diri peserta didik. Maka dari itu peran guru sangatlah penting dalam mengatasi kesulitan belajar yang dialami siswa. Fokus Penelitian ini adalah (1) Bagaimana peran guru PAI sebagai pembimbing dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran Fikih di MTsN 5 Jombang. (2) Bagaimana peran guru PAI sebagai fasilitator dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran Fikih di MTsN 5 Jombang. (3) Bagaimana peran guru PAI sebagai motivator dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran Fikih di MTsN 5 Jombang. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Tahap-tahap yang digunakan Tahap pra lapangan yaitu meliputi: menyusun rancangan penelitian, memilih lapangan penelitian, mengurus perizinan, memeriksa dan menilai keadaan lapangan, memilih dan memanfaatkan informan, menyiapkan perlengkapan penelitian yang menyangkut persoalan etika penelitian. Tahap pekerjaan lapangan, yang meliputi: memahami latar penelitian dan mempersiapkan diri, memasuki lapangan dan berperan serta sambil mengumpulkan data. Tahap analisis data, yang meliputi: analisis selama pengumpulan data dan setelah pengumpulan data. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data maka dapat disimpulkan bahwa peran guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik sudah baik, (1) peran guru sebagai pembimbing dalam mengatasi kesulitan belajar PAI sebagai model dengan cara pendidik menampilkan tingkah laku baik yang bisa di contoh oleh peserta didiknya. Guru berperan sebagai pembimbing dengan membantu siswa dalam mengatasi kesulitan belajarnya. (2) Peran guru sebagai fasilitator, guru hendaknya mampu mengusahakan sumber belajar yang kiranya berguna bagi peserta didiknya dan memilih dalam menggunakan metode dan media pembelajaran. (3) Peran guru sebagai motivator dengan cara guru memotivasi peserta didik sebelum memulai pembelajaran agar peserta didik lebih giat saat proses pembelajaran berlangsung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran Pendidikan > Kesulitan Belajar Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S1 12201183138 Khoirunnisa Novia Ismiana |
Date Deposited: | 06 Sep 2023 02:02 |
Last Modified: | 06 Sep 2023 02:02 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39774 |
Actions (login required)
View Item |