PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI NON AKADEMIK PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI MI RAUDLATUL MU’ALLIMIN SETEMON KEBONSARI MADIUN

TRIA BAITI ASTUTI, 12205193253 (2023) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI NON AKADEMIK PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI MI RAUDLATUL MU’ALLIMIN SETEMON KEBONSARI MADIUN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (320kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (285kB) | Preview

Abstract

Skipsi dengan judul “Peran Guru dalam Meningkatkan Prestasi Non Akademik Peserta Didik melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di MI Raudlatul Mua’allimin Setemon Kebonsari Kabupaten Madiun” ini ditulis oleh Tria Baiti Astuti, NIM 12205193253, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Lailatuzz Zuhriyah, M. Fil.I. Kata kunci: Peran Guru, Prestasi Non Akademik, Kegiatan Ekstrakurikuler Peran guru dalam kegiatan ekstrakurikuler sangat berpengaruh terhadap meningkatnya prestasi non akademik peserta didik. Potensi yang ada pada peserta didik tentunya harus diketahui dan dikembangkan dengan tujuan untuk meraih prestasi yang membanggakan. Kesadaran terhadap bakat dan potensi diri tentunya membutuhkan peran guru untuk memberikan dorongan kepada peserta didik agar mengikuti kegiatan ekstrakurikuler secara aktif. Kegiatan ekstrakurikuler merupakan wadah atau ruang yang bagus untuk peserta didik memaksimalkan potensi pada dirinya. Untuk itu, sangat penting seorang guru memahami dan mampu melaksanakan perannya dengan baik. Dalam hal ini peneliti menghubungkan peran guru dalam meningkatkan prestasi non akademik dan kegiatan ekstrakurikuler di MI Raudlatul Mu’allimin Kabupaten Madiun. Pertanyaan dalam penelitian ini, yaitu: Bagaimana peran guru sebagai pembimbing dalam meningkatkan prestasi non akademik peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler di MI Raudlatul Mu’allimin Kabupaten Madiun?, Bagaimana peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan prestasi non akademik peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler di MI Raudlatul Mu’allimin Kabupaten Madiun?, Bagaimana peran guru sebagai pendidik dalam meningkatkan prestasi non akademik peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler di MI Raudlatul Mu’allimin Kabupaten Madiun? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus guna meneliti suatu fenomena yang terjadi di lokasi penelitian. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan kondensasi data, penyajian data hingga penarikan kesimpulan. Sedangakan pengecekan keabsahan data dengan keajekan pengamatan dan triangulasi, diantaranya triangulasi sumber, triangulasi metode dan triangulasi teori. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Peran guru sebagai pembimbing dalam meningkatkan prestasi non akademik peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler di MI Raudlatul Mu’allimin Setemon Kebonsari Madiun adalah dengan guru menyelesaikan masalah yang muncul saat kegiatan ekstrakurikuler berlangsung. Guru juga mampu mengemas kegiatan ekstrakurikuler supaya menarik dan tidak membosankan bagi peserta didik. Guru memberikan arahan dan bimbingan kepada peserta didik pada setiap kegiatan ekstrakurikuler 2) Peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan prestasi non akademik peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler di MI Raudlatul Mu’allimin Setemon Kebonsari Madiun adalah dengan pemberian motivasi kepada peserta didik berupa pujian, pemberian ruang atau wadah untuk peserta didik mengembangkan bakatnya, mengikutsertakan peserta didik dalam ajang perlombaan, melakukan interaksi dengan peserta didik, dan bercerita.3) Peran guru sebagai pendidik dalam meningkatkan prestasi non akademik peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler adalah: a) Pada aspek kompetensi pedagogig dengan guru memberika arahan afektif dan psikomotorik pada kegiatan ekstrakurikuler dengan adanya kegiatan Quran camp, b) Pada aspek kepribadian dengan guru mencontohkan berpakaian yan sopan sesuai dengan ketentuan syariat, c) Pada aspek kompetensi sosial melalui kegiatan Home visiting, d) Pada aspek profesionalisme dengan guru menagajar sesuai dengan keahliannya dan kompeten pada bidang ekstrakurikuler yang diampu.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193253 TRIA BAITI ASTUTI
Date Deposited: 07 Sep 2023 01:34
Last Modified: 07 Sep 2023 01:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39797

Actions (login required)

View Item View Item