INDANA ZULFA HIKMATUL LAILI, 12201193038 (2023) PENGARUH TADARUS AL QUR’AN TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN MATERI PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 1 DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (536kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (776kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (328kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (768kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (759kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (958kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (562kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (321kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (444kB) | Preview |
Abstract
Skripsi yang berjudul “Pengaruh Tadarus Al Qur‟an terhadap Konsentrasi Belajar dan Pemahaman Materi Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Durenan Trenggalek” ini ditulis oleh Indana Zulfa Hikmatul Laili, NIM. 12201193038, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Germino Wahyu Broto, M.Si. Kata Kunci: Tadarus Al Qur’an, Konsentrasi Belajar, Pemahaman Materi. Peserta didik berperan sebagai pusat pembelajaran harus mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Namun yang terjadi peserta didik seringkali tidak fokus atau tidak berkonsentrasi dalam proses pembelajaran sehingga pelaksanaan pembelajaran tidak sesuai dengan perencanaan dan tujuan pembelajaran sulit untuk dicapai. Tadarus Al Qur‟an sebagai penenang hati peserta didik dan penjelas materi yang diajarkan sangat berdampak baik terhadap konsentrasi belajar dan pemahaman materi peserta didik. Berdasarkan hal tersebut, sehingga memberikan pertanyaan terkait seberapa jauh pengaruh tadarus Al Qur‟an terhadap konsentrasi belajar dan pemahaman materi peserta didik. Yang mana pelajaran Pendidikan Agama Islam juga salah satu pelajaran yang mengharuskan peserta didik mampu untuk membaca Al Qur‟an dan tidak menutup kemungkinan masih ada peserta didik yang belum mampu membaca Al Qur‟an dengan baik. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah (1) Apakah tadarus Al Qur‟an berpengaruh terhadap konsentrasi belajar pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Durenan Trenggalek? (2) Apakah tadarus Al Qur‟an berpengaruh terhadap pemahaman materi pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Durenan Trenggalek? Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif metode komparatif dengan sampel yang terdiri dari 144 peserta didik. Dengan teknik sampling non probability sampling. Variabel bebas : Tadarus Al Qur‟an (X). Variabel terikat : Konsentrasi Belajar (Y1) dan Pemahaman Materi (Y2). Teknik pengumpulan data : angket dan tes. Uji hipotesis : Uji pair test dengan Wilcoxon dan Uji independen dengan Mann Whitney . Hasil penelitian : (1) Ada Pengaruh Tadarus Al Qur‟an terhadap Konsentrasi Belajar Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Durenan Trenggalek yang dibuktikan dari nilai uji pair test Asymp.sig.(2-tailed) < 0,05 (0,000 < 0,05 dan 0,014 < 0,05) dan uji independen Asymp.sig.(2-tailed) < 0,05 (0,000 < 0,05) maka Ha diterima dan H0 ditolak. (2) Ada Pengaruh Tadarus Al Qur‟an terhadap Pemahaman Materi Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Durenan Trenggalek yang dibuktikan dari nilai uji pair test Asymp.sig.(2-tailed) < 0,05 (0,003 < 0,05 dan 0,000 < 0,05) dan uji independen Asymp.sig.(2-tailed) < 0,05 (0,003 < 0,05) maka Ha diterima dan H0 ditolak.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama > Al Quran Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S1 12201193038 INDANA ZULFA HIKMATUL LAILI |
Date Deposited: | 06 Sep 2023 02:12 |
Last Modified: | 06 Sep 2023 02:12 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39805 |
Actions (login required)
View Item |