ANGGI DISTI NUR VEBIYAN, 12201193238 (2023) IMPLEMENTASI METODE SNOWBALL THROWING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VII DI MTSN 4 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (631kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (693kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (348kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (606kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (435kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (729kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (477kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (410kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Metode Snowball Throwing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran akidah Akhlak Kelas VII di MtsN 4 Blitar” ini ditulis oleh Anggi Disti Nur Vebiyan, NIM. 12201193238, Program Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Evy Ramadina, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci : Metode Snowball Throwing, Hasil Belajar Setiap pendidik pasti memiliki berbagai metode pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas. Begitu juga dengan guru mata pelajaran akidah akhlak kelas VII di MTsN 4 Blitar yang memiliki metode untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dengan menerapkan metode snowball throwing, guru mata pelajaran akidak akhlak kelas VII ini memiliki tujuan supaya hasil belajar peserta didik menigkat yang berupa peningkatan hasil belajar peserta didik pada keaktifan, kedisiplinan dan keterampilan peserta didik. Fokus penelitian dalam penulisan ini adalah (1) Bagaimana Proses Pembelajaran pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII di MTsN 4 Blitar dengan Menggunakan Metode Snowball Throwing? (2) Bagaimana Hambatan dari Penerapkan Metode Snowball Throwing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran akidah akhlak kelas VII di MTsN 4 Blitar? (3) Bagaimana Cara Mengatasi Hambatan Setelah Penerapkan Metode Snowball Throwing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran akidah akhlak kelas VII di MTsN 4 Blitar?. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk Mendeskripsikan Proses Pembelajaran pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII di MTsN 4 Blitar dengan Menggunakan Metode Snowball Throwing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik. (2) Untuk Mendeskripsikan Hambatan dari Penerapan Metode Snowball Throwing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII di MTsN 4 Blitar. (3) Untuk Mendeskripsikan cara mengatasi Hambatan Setelah Menerapkan Metode Snowball Throwing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VII di MTsN 4 Blitar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif studi kasus. Lokasi penelitian di MTsN 4 Blitar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan teknik perpanjangan keikutsertaan, ketekunan/keajegan pengamatan, dan trianggulasi data. Hasil penelitian, (1) Proses pembelajaran pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VII di MTsN 4 Blitar dengan menggunakan metode snowball throwing berjalan dengan lancar, dan ada peningkatan terhadap hasil belajar peserta didik berupa meningkatnya keaktifan peserta didik yang dilihat dari peserta didik membaca materi, kedisiplinan dilihat dari tepat waktunya peserta didik membuat dan menjawab pertanyaan dan keterampilan peserta didik yang dilihat dari tata bahasa peserta didik membuat soal dan jawaban. (2) Hambatan ketika menerapkan metode snowball throwing dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VII di MTsN 4 Blitar yaitu keterbatasan waktu dalam penerapan metode snowball throwing, terbatasnya sumber materi yang dimiliki atau diterima oleh peserta didik, peserta didik belum mampu menyampaikan gagasan atau tata bahasa yang baik dan komunikasi antar anggota kelompok yang kurang lancar menjadikan kelompok tidak kondusif. (3) Cara mengatasi hambatannya yaitu pertanyaan yang sama cukup sekali pembahasan saja, peserta didik harus fokus mendengarkan pertanyaan dan jawaban yang dibacakan oleh temannya dan penjelasan singkat mengenai persoalan tersebut yang dijelaskan oleh pendidik, Pendidik sedikit memberikan pengarahan kepada peserta didik bagaimana cara yang benar dalam penggunaan kalimat tanya untuk membuat pertanyaan dan kalimat jawab untuk menjawab pertanyaan dan peserta didik harus bisa menghargai temannya dan lebih meningkatkan kerjasamanya dalam menyelesaikan tugas.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Khusnul 12205193040 Khusnul Khamidah |
Date Deposited: | 06 Sep 2023 03:07 |
Last Modified: | 06 Sep 2023 03:07 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39809 |
Actions (login required)
View Item |