PENGARUH MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 PRAMBON KABUPATEN SIDOARJO

LINDA AULIA RAHMAWATI, 12201193078 (2023) PENGARUH MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 PRAMBON KABUPATEN SIDOARJO. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (891kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (283kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Linda Aulia Rahmawati. 12201193078. 2023. “Pengaruh Media Sosial Tiktok Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Prambon Kabupaten Sidoarjo”. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing : Hawwin Muzakki, M.Pd.I. Kata Kunci : Media Sosial, Tiktok, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya kemajuan teknologi yang semakin berkembang pesat. Perkembangan yang saat ini terlihat adalah perkembangan media sosial. Tiktok adalah salah satu media sosial yang terkenal dan banyak digunakan oleh kalangan pelajar sehingga secara sadar atau tidak sadar bisa berdampak bagi para pelajar di sekolah terutama pada hasil belajarnya. Ada beberapa konten dakwah islam yang mendukung pemahaman materi pendidikan agama Islam seperti konten Ustadz Adi Hidayat, Ustadz Hanan Attaki, Ning Sheila Hasina, dll. Peneliti ingin menghubungkan masalah penggunaan media sosial Tiktok terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas VIII di SMP Negeri 1 Prambon. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh media sosial Tiktok terhadap hasil belajar kognitif peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas VIII di SMP Negeri 1 Prambon?. (2) Adakah pengaruh media sosial Tiktok terhadap hasil belajar afektif peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas VIII di SMP Negeri 1 Prambon?. (3) Adakah pengaruh media sosial Tiktok terhadap hasil belajar psikomotorik peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas VIII di SMP Negeri 1 Prambon?. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh media sosial Tiktok terhadap hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik peserta didik dalam pembelajaran pendidikan agama islam (PAI) kelas VIII di SMP Negeri 1 Prambon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian non eksperimen dengan desain Ex Post Facto jenis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di SMPN 1 Prambon. Sampel yang digunakan sebanyak 74 yang terbagi menjadi dua kelompok yaitu kelas aktif pengguna dan pasif pengguna dengan menggunakan teknik purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan post test dengan soal sebanyak 17 soal dan angket afektif dan psikomotorik sebanyak masing-masing 5 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Mann-Whitney dan melakukan uji prasyarat dengan melakukan uji normalitas dan uji homogenitas dengan bantuan SPSS 23.0 for windows. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil uji Mann-Whitney diperoleh nilai Asymp Sig (2-tailed) sebesar 0,008. Nilai Sig < 0,05 maka H 1 diterima dan H 0 ditolak, artinya terdapat pengaruh positif penggunaan media sosial tiktok terhadap hasil belajar kognitif peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas VIII di SMPN 1 Prambon. (2) Hasil uji Mann-Whitney diperoleh nilai Asymp Sig (2-tailed) sebesar 0,001. Nilai Sig < 0,05 maka H 1 diterima dan H 0 ditolak, artinya terdapat pengaruh positif penggunaan media sosial tiktok terhadap hasil belajar afektif peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas VIII di SMPN 1 Prambon. (3) Hasil uji Mann-Whitney diperoleh nilai Asymp Sig (2-tailed) sebesar 0,001. Nilai Sig < 0,05 maka H 1 diterima dan H 0 ditolak, artinya terdapat pengaruh positif penggunaan media sosial tiktok terhadap hasil belajar psikomotorik peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas VIII di SMPN 1 Prambon.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Media Sosial
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 12201193078 Linda Aulia Rahmawati
Date Deposited: 06 Sep 2023 04:09
Last Modified: 06 Sep 2023 04:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39824

Actions (login required)

View Item View Item