ZAINUN NAFI’AH, 12210193022 (2023) INOVASI GURU BAHASA INDONESIA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII MTs SUNAN KALIJOGO KEDIRI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (671kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (469kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (531kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (398kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (575kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (475kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (554kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (519kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (412kB) |
Abstract
ABSTRAK Nafi’ah, Zainun. 2023. Inovasi Guru Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas VIII MTs Sunan Kalijogo. Skripsi, Jurusan Tadris Bahasa Indonesia. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Titik Dwi Ramthi Hakim, M.Pd. Kata Kunci: Inovasi, Guru Bahasa Indonesia, Menulis Puisi Pembelajaran menulis puisi tidak lepas dari peran seorang guru, guru yang inovatif sangat diharapkan pada pembelajaran menulis puisi. Sikap inovatif guru dalam pembelajaran dapat ditunjukkan dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan sampai dengan tahap evaluasi pembelajaran. Dengan mengemas pembelajaran menulis puisi yang inovatif diharapkan siswa dapat memahami materi yang disampaikan oleh guru dengan menyeluruh dan utuh. Penelitian terhadap inovasi guru pada pembelajaran menulis puisi memiliki tujuan yaitu, untuk mengetahui inovasi yang digunakan oleh guru Bahasa Indonesia dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Kediri. Inovasi guru dapat diketahui dengan prosedur penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara secara terstruktur yang berisi pertanyaan inovasi guru, wawancara terstruktur dengan siswa, dan pengisian angket oleh siswa. Data dari hasil wawancara dengan guru dan siswa serta data angket dari siswa diproses dalam tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pola yang dihasilkan dari tahap tersebut yaitu menghasilkan data yang jelas. Data Inovasi guru dalam pembelajaran dipaparkan sesuai dengan aspek inovasi serta tahapan pembelajaran dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Dengan menggunakan teknik penelitian tersebut diharapkan dapat mendeskripsikan inovasi pembelajaran menulis puisi yang dilakukan oleh guru dari tahap perencanaan, pelaksanaan, sampai dengan tahap evaluasi pembelajaran. Perangkat pembelajaran dibuat secara mandiri sesuai dengan aturan terbaru pemerintah dan dikembangkan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan siswa. Pada tahap perencanaan terdapat aspek inovatif guru yaitu guru kreatif dan orisinil dalam membuat perangkat pembelajaran dengan memanfaatkan perkembangan teknologi. Tahap pelaksanaan terdapat aspek inovatif guru dengan menarik perhatian siswa untuk mengungkapkan perasaannya saat presensi seperti perasaan senang, sedih, atau kecewa. Memahami karakteristik siswa dilakukan dengan mengajak ngobrol siswa secara personal, sebelum melakukan kegiatan menulis puisi siswa diberikan rangsangan agar dapat menuangkan pikiran serta perasaan, siswa menyiapkan kertas kosong yang diberi nama dan siswa wajib menyiapkan satu kalimat kepada temannya, kertas tersebut digeser dan siswa menuangkan perasaan serta pikirannya di selembar kertas yang telah disiapkan dan setiap siswa akan mendapatkan ungkapan perasaan dan pikiran dari temannya sesuai dengan jumlah siswa yang hadir. Tahap evaluasi yang dilakukan guru dengan mengunggah karya puisi siswa di media sosial Instagram.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Bahasa Dan Sastra > Puisi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | S1 12210193022 Zainun Nafi'ah |
Date Deposited: | 06 Sep 2023 04:27 |
Last Modified: | 06 Sep 2023 04:27 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39828 |
Actions (login required)
View Item |