WENI AYU ANGRAINI, 12204183149 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN MAPLE TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 1 SUTOJAYAN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (633kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (636kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (746kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (809kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (647kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (518kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (666kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif berbantuan Maple terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 1 Sutojayan” ini ditulis oleh Weni Ayu Angraini, NIM. 12204183149, pembimbing Dra. Hj. Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif STAD, Minat, Hasil Belajar. Matematika merupakan pelajaran yang penting dalam pendidikan, namun fakta di lapangan menunjukkan minat dan hasil belajar matematika masih rendah. Salah satu faktor penyebab rendahnya minat dan hasil belajar adalah model pembelajaran yang diterapkan. Variasi model dalam pembelajaran matematika di kelas relatif terbatas dan kurang melibatkan peran aktif siswa. Skripsi ini menekankan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan memanfaatkan media Maple dalam keterkaitannya dengan minat dan hasil belajar matematika pada bahasan pokok integral. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan Maple terhadap minat belajar siswa kelas XI SMAN 1 Sutojayan. (2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan Maple terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMAN 1 Sutojayan. (3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan Maple terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas XI SMAN 1 Sutojayan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Penelitian dilaksankan di SMAN 1 Sutojayan dengan teknik pengumpulan data melalui angket, tes, dan dokumentasi. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang minat belajar siswa kelas XI MIPA 3 dan XI MIPA 4 SMAN 1 Sutojayan yang digunakan sebagai sampel penelitian. Metode tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar siswa. Sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk menggali informasi tentang populasi, sampel, sarana, dan prasarana pendidikan serta dokumen sekolah. Analisis data menggunakan uji-t untuk menguji pengaruh model pembelajaran terhadap minat belajar dan hasil belajar. Serta menggunakan uji Analysis Varians Multivariat (Manova) untuk menguji pengaruh minat dan hasil belajar secara simultan. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Maple terhadap minat belajar siswa. Hal ini karena siswa terlibat langsung dalam proses pembelajaran, penggunaan Maple juga membantu proses perhitungan dengan tampilan menarik yang berujung pada peningkatan minat belajar. (2) tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Maple terhadap hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan adanya faktor perantara yang turut berpengaruh terhadap hasil belajar. Faktor dapat berasal dari dalam maupun luar individu, faktor internal meliputi kesehatan, intelegensi, minat, motivasi, dan cara belajar. Sementara faktor eksternal dapat berasal dari keluarga, sekolah, maupun lingkungan. (3) Ada pengaruh signifikan dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Maple terhadap minat dan hasil belajar siswa. Berdasarkan adanya variabel perantara antara model pembelajaran dan hasil belajar, salah satu faktor internal hasil belajar adalah minat belajar. Dengan demikian terdapat pengaruh penggunaan model terhadap minat dan hasil belajar secara simultan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183149 WENI AYU ANGRAINI |
Date Deposited: | 06 Sep 2023 04:08 |
Last Modified: | 06 Sep 2023 04:08 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39836 |
Actions (login required)
View Item |