STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN HAFALAN AL-QUR’AN DAN HADIST PESERTA DIDIK KELAS XII DI MA UNGGULAN DARUL ULUM JOMBANG

DWI PUTRI FIRDAUS, 12201193102 (2023) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN HAFALAN AL-QUR’AN DAN HADIST PESERTA DIDIK KELAS XII DI MA UNGGULAN DARUL ULUM JOMBANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Hafalan Al-Qur’an Dan Hadist Peserta Didik Kelas XII Di MA Unggulan Darul Ulum Jombang” ini ditulis oleh Dwi Putri Firdaus, NIM.12201193102, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh ibu Dr. Khusnul Mufidati, S.Sy., M.Pd.I Kata Kunci : Strategi, Menghafal, Al-Qur’an dan Hadist Al-Qur’an adalah kalamullah yang merupakan mu’jizat yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw, dan membacanya merupakan suatu ibadah. AlQur’an diturunkan untuk dijadikan petunjuk atau sebagai pedoman umat manusia menuju kejalan yang benar, bukan hanya untuk sekelompok manusia ketika ia diturunkan, tetapi juga untuk seluruh manusia hingga akhir zaman. Untuk menjaga kelestarian Al-Qur’an adalah dengan menghafalkannya, karena memelihara kesucian dengan menghafalkannya adalah pekerjaan yang terpuji dan amal yang mulia, yang sangat dianjurkan Rasulullah. Dalam proses menghafal Al-Qur’an dan Hadist perlu adanya sebuah strategi khusus yang dapat membantu meningkatkan hafalan peserta didik agar maksimal. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti di MA Unggulan Darul Ulum Jombang ini karena terdapat strategi dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an dan Hadist. Adapun fokus penelitian ini sebagai berikut: 1) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan kemampuan hafalan Al-Qur’an dan Hadits peserta didik kelas XII di MA Unggulan Darul Ulum Jombang; 2) Bagaimana pelaksanaan strategi guru dalam meningkatkan kemampuan hafalan Al-Qur’an dan Hadits peserta didik kelas XII di MA Unggulan Darul Ulum Jombang; 3) Bagaimana faktor-faktor pendukung dan penghambat strategi guru dalam meningkatkan kemampuan hafalan Al-Qur’an dan Hadits peserta didik kelas XII di MA Unggulan Darul Ulum Jombang. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kulaitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dalam teknik mengumpulkan data, peneliti menggunakan observasi, wawancara mendalam dan juga dokumentasi. Sedangkat teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Didalam pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini, peneliti menemukan: 1) Strategi guru dalam meningkatkan kemampuan hafalan Al-Qur’an dan Hadits oleh peserta didik kelas XII MA Unggulan Darul Ulum Jombang diantaranya: metode habituasi, takrir, talaqqi dan muroja’ah; 2) Pelaksanaan strategi guru dalam meningkatkan kemampuan hafalan Al-Qur’an dan Hadits peserta didik kelas XII MA Unggulan Darul Ulum jombang, yaitu dengan cara membentuk tim menjadi 2 orang untuk saling menyima’ dalam menghafal Al-Qur’an dan Hadits; 3) Faktor-faktor pendukung dan penghambat strategi guru dalam meningkatkan kemampuan hafalan Al-Qur’an dan Hadits peserta didik kelas XII MA Unggulan Darul Ulum Jombang. Faktor pendukung diantaranya membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, manajemen waktu, tempat menghafal, dan lingkungan. Sedangkan faktor penghambat diantaranya tidak mampu membaca Al-Quran dengan baik dan benar, rasa malas, kurangnya minat dan bakat, kurangnya motivasi diri sendiri, dan lingkungan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Al Hadist
Agama > Al Quran
Pendidikan > Guru
Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 12201193102 Dwi Putri Firdaus
Date Deposited: 06 Sep 2023 06:44
Last Modified: 06 Sep 2023 06:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39838

Actions (login required)

View Item View Item