PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI DI MAN 5 KEDIRI

CARESSA INDASARI, 12212193056 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI DI MAN 5 KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (212kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI di MAN 5 Kediri” ini ditulis oleh Caressa Indasari, NIM. 12212193056, Program Studi Tadris Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Ali Amirul Mu‟minin, M. Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Minat Belajar, Hasil Belajar, Larutan Penyangga Rendahnya minat dan hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga disebabkan karena anggapan siswa terhadap materi larutan penyangga sulit dimengerti dan dipahami. Oleh karena itu, perlu adanya suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Model Problem Based Learning (PBL) digunakan dalam proses pembelajaran karena dapat melatih konsep berpikir siswa dan menambah daya tarik dengan cara menyajikan permasalahan yang kontekstual dengan kehidupan sehari-hari, sehingga menghasilkan pemahaman materi secara mendalam dan siswa menemukan pemecahan masalah sesuai dengan konsep materi. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap minat belajar siswa pada materi larutan penyangga kelas XI di MAN 5 Kediri; 2) untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga kelas XI di MAN 5 Kediri; dan 3) untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga kelas XI di MAN 5 Kediri. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain quasi eksperimental group design tipe non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA yang berjumlah 68. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA 1 (kelas eksperimen) dan kelas XI MIPA 2 (kelas kontrol). Sampel diperoleh melalui teknik non-probability sampling jenis sampling jenuh. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode angket untuk memperoleh data minat belajar dan metode tes untuk memperoleh data hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik parametris dengan menggunakan uji Independent Sample T- Test dan uji MANOVA. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap minat belajar siswa pada materi larutan penyangga kelas XI di MAN 5 Kediri yang dibuktikan dengan rata- rata posttest minat belajar kelas XI MIPA 1 lebih besar daripada kelas XI MIPA 2, yaitu 139,82 ≥ 129,23 dan nilai Sig. (2-tailed) kelompok eksperimen yaitu 0,000 ≤ 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. 2) ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga kelas XI di MAN 5 Kediri yang dibuktikan dengan rata-rata posttest hasil belajar kelas XI MIPA 1 lebih tinggi daripada kelas XI MIPA 2, yaitu 81,21 ≥ 68,29 dan nilai Sig. (2-tailed) kelompok eksperimen yaitu 0,000 ≤ 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. 3) ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga kelas XI di MAN 5 Kediri yang dibuktikan dengan nilai signifikansi minat dan hasil belajar adalah 0,000. Nilai signifikansi menunjukkan 0,000 ≤ 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 12212193056 CARESSA INDASARI
Date Deposited: 06 Sep 2023 06:36
Last Modified: 06 Sep 2023 06:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39851

Actions (login required)

View Item View Item