PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KUMON TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG KELAS VIII MTS NEGERI 7 TULUNGAGUNG

NURUL ARBA'ATIN, 12211193089 (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KUMON TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG KELAS VIII MTS NEGERI 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (220kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (107kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kumon terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Memecahkan Masalah pada Materi Getaran dan Gelombang Kelas VIII MTs Negeri 7 Tulungagung.” Ini ditulis oleh Nurul Arba’atin, NIM. 12211193089, Program Studi Tadris Fisika. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Ibu Nani Sunarmi, S.Si., M.Sc. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kumon, Pemahaman Konsep, Kemampuan Memecahkan Masalah. Pemahaman konsep sangat penting bagi siswa untuk melatih berpikir dan digunakan untuk menyelesaikan masalah mengenai konsep yang dimiliki. Kurangnya pemahaman siswa terhadap suatu konsep akan menyebabkan sulitnya memahami konsep selanjutnya hingga menghubungkannya. Hal ini berdampak pada kemampuan pemecahan masalah siswa rendah dan merasa kesulitan saat diberikan soal. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah Model Pembelajaran Kumon. Model pembelajaran ini, diharapkan mampu meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan memecahkan masalah pada materi getaran dan gelombang. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui ada tidaknya pengaruh Model Pembelajaran Kumon terhadap pemahaman konsep pada materi getaran dan gelombang kelas VIII MTs Negeri 7 Tulungagung, (2) mengetahui ada tidaknya pengaruh Model Pembelajaran Kumon terhadap kemampuan memecahkan masalah pada materi getaran dan gelombang kelas VIII MTs Negeri 7 Tulungagung, dan (3) mengetahui ada tidaknya pengaruh Model Pembelajaran Kumon terhadap pemahaman konsep dan kemampuan memecahkan masalah pada materi getaran dan gelombang kelas VIII MTs Negeri 7 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu dengan desain Non-Equivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri 7 Tulungagung dengan populasi siswa kelas VIII A – G berjumlah 275 siswa. Dalam penelitian ini, teknik sampling yang digunakan adalah teknik Probability Sampling tipe Simple Random Sampling. Sampel pada penelitian ini menggunakan 2 kelas, yaitu kelas VIII-A sebanyak 40 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII -B sebanyak 40 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan 3 uji yaitu (1) Uji Instrumen terdiri dari Uji Validitas dan Uji Reliabilitas, (2) Uji Prasyarat terdiri dari Uji Normalitas dan Uji Homogenitas, (3) Uji Hipotesis terdiri dari Uji Mann Whitney dan Uji Kruskal Wallis. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh Model Pembelajaran Kumon terhadap pemahaman konsep fisika siswa, dibuktikan dengan uji Mann Whitney yang menghasilkan nilai signifikansi 0,012 < 0,05, (2) Tidak terdapat pengaruh Model Pembelajaran Kumon terhadap kemampuan memecahkan masalah fisika siswa, dibuktikan dengan uji Mann Whitney yang menghasilkan nilai signifikansi 0,120 > 0,05, dan (3) Terdapat pengaruh Model Pembelajaran Kumon terhadap pemahaman konsep dan kemampuan memecahkan masalah fisika siswa, dibuktikan dengan uji Kruskal Wallis yang menghasilkan nilai signifikansi 0,010 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: Mahasiswa 12211193089 Nurul Arba'atin
Date Deposited: 14 Sep 2023 07:38
Last Modified: 14 Sep 2023 07:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39855

Actions (login required)

View Item View Item