PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INFOGRAFIS DALAM PEMBELAJARAN IPS SUBTEMA KEDATANGAN BANGSA BARAT KE INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTsN 1 NGAWI

LINA YULI ASTUTIK, 12209193002 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INFOGRAFIS DALAM PEMBELAJARAN IPS SUBTEMA KEDATANGAN BANGSA BARAT KE INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTsN 1 NGAWI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (678kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (200kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran Infografis Dalam Pembelajaran IPS Subtema Kedatangan Bangsa Barat Ke Indonesia Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VIII di MTsN 1 Ngawi” ini ditulis oleh Lina Yuli Astutik, NIM 12209193002, Pembimbing Dita Hendriani, M.A. Kata Kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran, Infografis Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya minat belajar siswa karena guru hanya menggunakan metode ceramah dengan media pembelajaran LKS, sehingga siswa mudah bosan saat pembelajaran IPS. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan media infografis yang didesain semenarik mungkin dengan harapan minat belajar siswa pada pembelajaran IPS meningkat. Latar belakang diatas menjadikan peneliti merumuskan masalah yaitu 1) Bagaimana langkah-langah media pembelajaran infografis 2) Bagaimana tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media infografis 3) bagaimana respon siswa setelah menggunakan media pembelajaran infografis. Dari rumusan masalah tersebut terdapat tujuannya yaitu 1) untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan media infografis 2) untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media infografis 3) untuk mengetahui respon minat belajar siswa setelah pembelajaran menggunakan media infografis. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan model ADDIE (Analyziz, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Peneliti melakukan pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dokumentasi, dan angket. Data yang akan diperoleh peneliti yaitu data kualitatif dan data kuantitaif. Data kualitatif berupa hasil observasi dan hasil wawancara sedangkan data kuantitatif berupa hasil angket dan nilai tes siswa. Hasil dari penelitian ini media infografis mendapatkan tingkat kevalidan dari ahli media dengan presentase 93%, ahli materi dengan presentase 91,25% sehingga disimpulkan media infografis valid dan layak digunakan. Hasil kepraktisan diperoleh dari hasil angket respon siswa dengan presentase 96%, hasil pengamatan aktivitas siswa dengan presentase 19% dan nilai postest kelas eksperimen 86% artinya media infografis praktis digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil uji keefektifan yang dilakukan menggunakan uji Wilcoxon memperoleh 0,000<0,05 dengan artian terdapat perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran infografis sehingga dapat dikatakan efektif. Hasil dari angket minat belajar siswa mendapatkan presentase 96% sehingga dapat dikatakan media infografis dapat meningkatkan minat belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Media Pembelajaran
Ilmu Pengetahuan Sosial > Sejarah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: S1 12209193002 Lina Yuli Astutik
Date Deposited: 06 Sep 2023 08:35
Last Modified: 06 Sep 2023 08:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39862

Actions (login required)

View Item View Item