VELITA AMALIA KUSUMANINGTYAS, 12210193083 (2023) ANALISIS RAGAM BAHASA DALAM INTERAKSI ANTARA GURU DAN SISWA PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PERSUASIF KELAS VIII SMPN 3 KEDUNGWARU. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (914kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (775kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (779kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (883kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (840kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (839kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (686kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (818kB) | Preview |
Abstract
Kata kunci: ragam bahasa, interaksi, pembelajaran Bahasa merupakan alat komunikasi yang utama. Manusia dapat mengungkapkan ide, pikiran dan perasaannya kepada orang lain melalui bahasa. Melalui kemampuan berbahasa, perasaan, pemikiran, maupun penalaran seseorang dapat dilatih. Penggunaan bahasa oleh masyarakat sangat memungkinkan munculnya penggunaan ragam bahasa. Terjadinya keragaman bahasa bukan hanya dilakukan oleh para penutur yang heterogen, tetapi juga dikarenakan kegiatan interaksi sosial yang dilakukan oleh manusia sangat beragam. Keragaman bahasa tersebut juga dapat terjadi di lingkungan sekolah, khususnya di SMPN 3 Kedungwaru. Guru dan siswa di SMPN 3 Kedungwaru menggunakan bahasa yang beragam, tetapi penggunaan ragam santai lebih dominan dibandingkan dengan ragam bahasa baku dan ragam bahasa resmi. Namun, masih ada kemungkinan ditemukan penggunaan ragam bahasa baku dan resmi pada saat pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: (1) mendeskripsikan wujud ragam bahasa dalam interaksi antara guru dan siswa pada pembelajaran menulis teks persuasif kelas VIII SMPN 3 Kedungwaru dan (2) mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan ragam bahasa antara guru dan siswa di SMPN 3 Kedungwaru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian berupa tuturan guru dan siswa pada saat pembelajaran. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Analisis data yang dilakukan adalah dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil yang diperoleh menunjukkan empat jenis ragam bahasa, yang terdiri dari ragam resmi, ragam usaha, ragam santai, dan ragam akrab. Dari data penelitian tidak ditemukan tuturan guru maupun siswa yang menggunakan ragam baku. Ragam santai merupakan ragam yang paling banyak digunakan dalam pembelajaran. Ragam resmi ditemukan pada saat menjelaskan materi. Akan tetapi, pada proses pembelajaran muncul ragam bahasa lain, yaitu ragam usaha dan ragam akrab. Kemudian, faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan ragam bahasa adalah faktor topik, faktor situasi, dan faktor maksud atau tujuan. Faktor topik terbagi menjadi dua yaitu faktor akademis dan nonakademis. Faktor situasi terbagi menjadi tiga yaitu situasi formal, semiformal, dan norformal. Sedangkan faktor maksud atau tujuan dalam pembelajaran ini adalah maksud membuka pelajaran, meminta tolong, mengecek kehadiran siswa, menyampaikan materi, mengarahkan, bertanya, menegur, menunjuk, memberi nasihat, dan memberi perintah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia Bahasa Dan Sastra > Speaking |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | S1 12210193083 VELITA AMALIA KUSUMANINGTYAS |
Date Deposited: | 06 Sep 2023 07:19 |
Last Modified: | 06 Sep 2023 07:19 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39869 |
Actions (login required)
View Item |