SOCHIFATUL CHABIBAH, 12211193046 (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN REAL LABORATORY DENGAN STRATEGI JOYFULL LEARNING TERHADAP KREATIVITAS SISWA DAN MOTIVASI BELAJAR KELAS VIII MTS SUNAN AMPEL SIMAN PADA MATERI GETARAN. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (423kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (559kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (501kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (454kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (477kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (352kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (409kB) | Preview |
Abstract
Skripsi yang berjudul Pengaruh Pembelajaran Real Laboratory dengan Strategi Joyfull Learning Terhadap Kreativitas Siswa dan Motivasi Belajar Kelas VIII MTs Sunan Ampel Siman pada Materi Getaran. Yang ditulis oleh Sochifatul Chabibah, NIM. 12211193046, Prodi Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Strata Satu UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Husni Cahyadi Kurniawan, M.Si Kata Kunci : Real Laboratory, Joyfull Learning, Kreativitas, Motivasi belajar Motivasi dan kreativitas siswa tertentu menjadi kebutuhan utama dalam mempertahankan kehidupan masyarakat. Oleh karena itu guru dituntun untuk dapat meningkatkan dan mengembangkan motivasi dan keativitas siswa. Dengan penerapan pembelajaran yang menantang, bervariasi dan menyenangkan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan dengan penerapan Real Laboratory dengan strategi Joyfull Learning dapat mengembangkan kreativitas siswa dan meningkatkan motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Real Laboratory dengan strategi Joyfull Learning terhadap kreativitas siswa kelas VIII MTs Sunan Ampel Siman pada materi getaran, pengaruh pembelajaran Real Laboratory dengan strategi Joyfull Learning terhadap motivasi belajar kelas VIII MTs Sunan Ampel Siman pada materi getaran dan pengaruh pembelajaran Real Laboratory dengan strategi Joyfull Learning terhadap kreativitas siswa dan motivasi belajar kelas VIII MTs Sunan Ampel Siman pada materi getaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Eksperimen semu. Bentuk desain yang digunakan adalah postes only control group design. Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh siswa kelas VIII MTs. Sunan Ampel Siman dengan jumlah 120 siswa. Dengan sampel kelas VIII-A (kelas eksperimen) sejumlah 27 siswa dan kelas VIII-D (kelas kontrol) 24 siswa. Untuk penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan yakni uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas), dan uji hipotesis (uji T dan uji Manova). Berdasarkan analisa hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh pembelajaran Real Laboratory dengan strategi Joyfull Learning terhadap kreativitas siswa kelas VIII MTs Sunan Ampel Siman pada materi getaran sig (2-tailed) = 0,000 < 0,005. (2) Terdapat pengaruh pembelajaran Real Laboratory dengan strategi Joyfull Learning terhadap motivasi belajar kelas VIII MTs Sunan Ampel Siman pada materi getaran sig (2-tailed) = 0,003 < 0,005. (3) Terdapat pengaruh pembelajaran Real Laboratory dengan strategi Joyfull Learning terhadap kreativitas siswa dan motivasi belajar kelas VIII MTs Sunan Ampel Siman pada materi getaran berdasarkan uji manova nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Fisika > Fisika terapan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | 12211193046 Sochifatul Chabibah |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 02:39 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 02:39 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39884 |
Actions (login required)
View Item |