STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA DARUL ULUM KEPOHBARU BOJONEGORO

MEGA IRFAUL JANNAH, 12201193053 (2023) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA DARUL ULUM KEPOHBARU BOJONEGORO. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (691kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (440kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (665kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (108kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di SMA Darul Ulum Kepohbaru Bojonegoro” ini ditulis oleh Mega Irfaul Jannah, NIM. 12201193053, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Dr.Hj. Indah Komsiyah, M.Pd. Kata Kunci : Strategi, Guru PAI dan Motivasi Belajar Siswa Pentingnya motivasi diterapkan dalam pembelajaran dikarenakan masih terdapat siswa yang kurang aktif bahkan malas dalam belajar. Kurangnya motivasi yang dimiliki oleh siswa dapat menyebabkan hasil belajar siswa itu rendah. Dengan pemberian motivasi kepada siswa ini diharapkan dapat mendorong siswa agar bisa lebih giat dalam belajar, sehingga siswa memiliki semangat belajar serta mendapatkan hasil belajar dan prestasi yang tinggi. Fokus penelitian ini adalah : (1) Bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar melalui bentuk Reward (hadiah) pada peserta didik di SMA Darul Ulum Kepohbaru Bojonegoro? (2) Bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar melalui bentuk Punishment (hukuman) pada peserta didik di SMA Darul Ulum Kepohbaru Bojonegoro? (3) Bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar melalui bentuk Kompetisi (persaingan) pada peserta didik di SMA Darul Ulum Kepohbaru Bojonegoro? Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, dengan lokasi di SMA Darul Ulum Kepohbaru Bojonegoro. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya pengecekan keabsahan data adalah triangulasi, ketekunan pengamatan dan pengecekan sejawat. Hasil penelitian skripsi ini adalah: (1) Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar melalui bentuk reward (hadiah) pada peserta didik adalah guru memberikan pujian, hadiah dan penghormatan kepada siswa yang aktif dan antusias pada saat pembelajaran dan guru tetap memberikan reward kepada siswa yang kurang aktif supaya sadar dan bisa lebih aktif lagi dari sebelumnya. (2) Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar melalui bentuk punishment (hukuman) pada peserta didik adalah guru menegur siswa yang tidak mengerjakan PR dengan maju kedepan dan mengerjakan soal pengganti atau bisa dengan tagihan hafalan kata-kata atau surah pendek. Dan bentuk hukuman diberikan kepada siswa yang ramai atau gaduh ketika guru sedang menjelaskan materi adalah dapat berupa tugas membaca buku atau menjelaskan kembali materi pelajaran. (3) Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar melalui bentuk kompetisi (persaingan) pada peserta didik adalah guru mengadakan kompetisi bersifat individual contohya persaingan siswa dalam memperoleh peringkat 1 dikelas dan terdapat xv kegiatan tambahan cerdas cermat yang dilakukan setiap 6 bulan sekali. Dan guru mengadakan persaingan yang bersifat kelompok, contohnya pada saat pembelajaran guru membentuk siswa dalam beberapa kelompok lalu diberi kuis atau pertanyaan terkait materi yang telah disampaikan dan terdapat kegiatan tambahan yaitu lomba kebersihan dan keindahan yang dilakukan setiap 3 bulan sekali.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan Islam
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193053 MEGA IRFAUL JANNAH
Date Deposited: 07 Sep 2023 02:29
Last Modified: 07 Sep 2023 02:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39918

Actions (login required)

View Item View Item