EVALUASI PEMBELAJARAN PAI RANAH AFEKTIF (Studi Multisitus di SMPN 1 Tulungagung dan SMPN 3 Tulungagung)

NUR INDAH FITRIANI, 17506164050 (2023) EVALUASI PEMBELAJARAN PAI RANAH AFEKTIF (Studi Multisitus di SMPN 1 Tulungagung dan SMPN 3 Tulungagung). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (750kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (655kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (390kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Evaluasi Pembelajaran PAI Ranah Afektif (Studi Multisitus di SMPN 1 Tulungagung dan SMPN 3 Tulungagung)” ini ditulis oleh Nur Indah Fitriani dengan dibimbing oleh Dr. Luk Luk Nur Mufidah, M.Pd.I dan Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. Kata Kunci : Perencanaan, Pelaksanaan, Pelaporan, Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Ranah Afektif. Penelitian tesis ini dilatar belakangi oleh pentingnya evaluasi ranah afektif dalam pembelajaran pendidikan agama Islam, namun evaluasi afektif ini jarang diterapkan oleh guru PAI secara keseluruhan karena masih dianggap sulit karena sifatnya yang kualitatif. Fokus penelitian dalam penulisan tesis ini adalah (1) Bagaimana perencanaan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam ranah afektif di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tulungagung dan Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tulungagung? (2) Bagaimana pelaksanaan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam ranah afektif di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tulungagung dan Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tulungagung? (3) Bagaimana Pelaporan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam ranah afektif di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tulungagung dan Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui evaluasi yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tulungagung dan Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian penelitian lapangan, lokasi penelitiannya di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1Tulungagung dan Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tulungagung, sumber datanya didapat melalui tiga unsur yaitu person, place dan paper, metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif situs tunggal dan situs ganda, sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan derajat keterpercayaan (credibility) yang meliputi perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, triangulasi dan member check. Hasil penelitian ini menyebutkan : (1) Perencanaan evaluasi pembelajaran PAI ranah afektif di SMPN 1 Tulungagung dan SMPN 3 Tulungagung mengacu pada perencanaan pada Paduan Penilaian Kurikulum 2013 dengan langkah-langah yaitu menetapkan indikator dari KI-1 dan KI-2 beserta KD, menentukan teknik evaluasi, dan menyusun instrumen evaluasi. Dalam evaluasi pembelajaran PAI ranah afektif di SMPN 1 Tulungagung dan SMPN 3 Tulungagung menggunakan teknik evaluasi observasi, jurnal, penilaian diri dan penilaian antar teman dengan instrumen berupa catatan siswa observasi dan jurnaldan lembar penilaian diri beserta penilaian antar teman. Perencanaan evaluasi pembelajaran PAI ranah afektif di SMPN 1 Tulungagung dan SMPN 3 Tulunggaung tertuang dalam RPP. (2) Pelaksanaan evaluasi pembelajaran PAI ranah afektif di SMPN 1 Tulungagung dan SMPN 3 Tulungagung mengacu kepada perencanaan yang sudah direncanakan. Dalam pelaksanaannya evaluasi afektif dilaksanakan setiap proses pembelajaran dan di luar proses pembelajaran secara kontinue, untuk penilaian diri dan penilaian antar teman dilaksanakan satu kali dalam satu semester sesuai dengan pedoman penilaian dalam kurikulum 2013. (3) Pelaporan evaluasi pembelajaran PAI ranah afektif di SMPN 1 Tulungagung dan SMPN 3 Tulungagung melibatkan guru PAI, guru BK dan wali kelas dengan prosedur guru PAI dan guru BK mengumpulkan hasil rekapitulasi evaluasi sikap spiritual dan sosial pada wali kelas, kemudian wali kelas memadukan dengan hasil evaluasi yang dilakukannya selama satu semester dan diolah menjadi nilai berupa predikat dan deskripsi di rapor siswa.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17506164050 NUR INDAH FITRIANI
Date Deposited: 07 Sep 2023 02:58
Last Modified: 07 Sep 2023 02:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39920

Actions (login required)

View Item View Item