liatul rohmah, 2846134018 (2016) PENGGUNAAN PENDEKATAN SAINTIFIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN VIDEO SESSION, POSTER SESSION DAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN PAI (Studi Multi Kasus di SMPN 3 Tulungagung dan SMPN 3 Peterongan Jombang). [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (606kB) | Preview |
|
|
Text
TESIS II.pdf Download (914kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Liatul Rohmah, 2015, “Penggunaan Pendekatan Saintifik melalui Model Pembelajaran Berbasis Video, Poster dan Internet Dalam Pembelajaran PAI (Studi Multi Kasus Di SMPN 3 Tulungagung dan SMPN 3 Peterongan Jombang)” Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Isla, Program Pasca Sarjana, IAIN Tulungagung, Pembimbing : (1) Dr. H. Teguh, M. Ag dan (II) Dr. Erna Iftanti, M. Pd. Kata Kunci:, Model Pembelajaran, Pembelajaran PAI, Pendekatan Saintific, Video, Poster, Internet. Pembelajaran adalah suatu proses membuat atau menyebabkan orang lain belajar untuk mencapai tujuan tertentu dengan system yang terdiri dari guru, siswa, tenaga lainya, materi perencanaan, evaluasi dan program tindak lanjut, sedangakan model pembelajaran adalah suatu rencana, konsep atau pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan dan menentukan perangkat perangkat pembelajaran di kelas untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pembelajaran PAI adalah suatu kegiatan yang bertujuan menghasilkan orang-orang beragama, dengan demikian pendidikan agama perlu diarahkan ke arah pertumbuhan moral dan karakter. Pembelajaran dengan pendekatan saintifik adalah pembelajaran yang logis, berbasis pada fakta, data atau fenomena yang dapat dijelaskan dengan logika/penalaran tertentu yang terdiri atas: (1) kegiatan mengamati (untuk mengidentifikasi masalah yang ingin diketahui), (2) merumuskan pertanyaan (dan merumuskan hipotesis), (3) mengumpulkan data/informasi dengan berbagai teknik, (4) mengolah/menganalisis data/informasi dan menarik kesimpulan dan (5) mengkomunikasikan hasil yang terdiri dari kesimpulan dan mungkin juga temuan lain yang di luar rumusan masalah untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap. Model Pembelajaran berbasis Video adalah model pembelajaran yang menggunakan video sebagai media pembelajaran. Model pembelajaran berbasis Poster adalah model pembelajaran yang menggunakan poster sebagai media pembelajaran metode presentasi alternatif ini merupakan sebuah cara yang tepat untuk menginformasikan kepada peserta didik secara cepat, menangkap imajinasi mereka, dan mengundang pertukaran ide diantara mereka. Penelitian ini berfokus pada proses pembelajaran PAI dengan pendekatan saintifik melalui model pembelajaran berbasis video, poster dan internet di SMPN 3 Tulungagung dan SMPN 3 Peterongan Jombang. Mendasari fokus penelitian tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pelaksananaan pengembangan model pembelajaran PAI dengan pendekatan saintifik melalui model pembelajaran berbasis video, poster dan internet di SMPN 3 Tulungagung dan SMPN 3 Peterongan Jombang. Penelitian mengenai proses pemgembangan model pembelajaran PAI dengan pendekatan saintifik melalui model pembelajaran video, poster dan internet di SMPN 3 Tulungagung dan SMPN 3 Peterongan Jombang ini menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data kasus individu dan analisis data lintas kasus. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses pembelajaran PAI dengan pendekatan saintifik melalui (a) model pembejaran berbasis video adalah sebagai berikut: Pada saat memulai pembelajaran setiap guru PAI selalu mengucapkan salam, menyapa, berdoa, mengabsensi dan menjelaskan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan, baik materi, metode, evaluasi dan lain sebagainya. Kegiatan inti yang terdiri dari proses (1) mengamati, menggunakan metode indentifikasi masalah (statemen problem). (2)merumuskan pertanyaan untuk merangsang rasa ingin tahu peserta didik dengan cara memberi stimulatan (rangsangan), (3) pengumpulan data, menggunakan metode collection data, (4) tahab mengasosiasi melalui processing dan generalisasi, (5) komunikasi, dalam hal ini guru menggunakan metode verifikasi dengan demonstrasi presentasi, dan bermain peran di depan kelas, membuat reviw dan paper. Penutup pembelajaran guru memberikan remidi, PR. (b) Model pembelajaran berbasis poster dengan hasil sebagai berikut: Pendahuluan dengan mengucap salam, menyapa, berdoa dan mempersiapakan pembelajaran. Kegiatan inti (1)mengamati dengan metode statemen problem, (2)merumuskan pertanyaan dengan memberikan stimulus atau rangsangan, (3) mengumpulkan data dengan data colletion, (4) mengasosiasi dengan mengolah data, menglasifikasi, tabulasi selanjutnya disimpulkan, (5) komunikasi dengan motivasi verbal, membuat poster, menyampaikan kesimpulan dengan presentasi di depan kelas, dengan perilaku melakukan isi pesan poster tersebut, mengirimkan tugas lewat email dan kegiatan penutup pembelajaran adanya remidi dan pemberian PR, pesan , doa dan salam. (c) Model pembelajaran berbasis internet dengan hasil sebagi berikut: Aktifitas awal pembelajaran, memberi salam, menyapa, berdoa’ dan mempersiapakn kegiatan pembelajaran. Kegiatan inti pembelajaran berbasis internet adalah, (1) mengamati dengan metode statemen problem,(2) merumuskan pertanyaan dengan memberikan stimulus atau rangsangan, (3) mengumpulkan data dengan mengumpulkan data sebanyak banyak dari berbagai sumber, (4) mengasosiasi dengan mengolah data, menglasifikasi, tabulasi selanjutnya disimpulkan, (5) komunikasi dengan membuat video(drama/kreasi lagu), mengirimkan tugas lewat email dan kegiatan penutupnya remidi dan pemberian PR, doa dan salam.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2846134018 liatul rohmah |
Date Deposited: | 27 Oct 2016 03:11 |
Last Modified: | 27 Oct 2016 03:11 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3993 |
Actions (login required)
View Item |