STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KESADARAN BERAGAMA PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 KOTA BLITAR

ACHMAD FARID TAJUDDIN, 12201193108 (2023) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KESADARAN BERAGAMA PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (438kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (665kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (906kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (995kB)

Abstract

ABSTRAK Tajuddin, Farid Achmad. 2023. Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Kesadaran Beragama Peserta Didik Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Blitar. Skripsi, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dibimbing oleh Dr. H. Imam Junaris, S. Ag, M.H.I. Kata Kunci : Strategi, Guru Akidah Akhlak, Kesadaran Beragama Perkembangan zaman yang sangat pesat tidak hanya berdampak positif dalam ranah kehidupan, namun juga diikuti oleh dampak negatif dalam beragam bentuk. Sebagai upaya membentengi generasi muda terjerumus dalam kemerosotan akhlak terpuji akibat dari perkembangan zaman, diperlukan iman yang kuat dalam beragama untuk kehidupan masa mendatang. Kesadaran beragama seharusnya sudah ditanamkan pada peserta didik sedini mungkin, untuk menciptakan generasi yang sadar akan agama serta kewajiban mereka sebagai umat beragama tentu diperlukan tindakan dari berbagai pihak yang salah satunya adalah guru. Tujuan Penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran langsung guru akidah akhlak dalam meningkatkan kesadaran beragama peserta didik di MTsN 2 Kota Blitar, (2) Mendeskripsikan pengorganisasian pembelajaran langsung guru akidah akhlak dalam meningkatkan kesadaran beragama peserta didik di MTsN 2 Kota Blitar., (3) Mendeskripsikan pengarahan pembelajaran langsung guru akidah akhlak dalam meningkatkan kesadaran beragama peserta didik di MTsN 2 Kota Blitar, (4) Mendeskripsikan pengawasan pembelajaran langsung guru akidah akhlak dalam meningkatkan kesadaran beragama peserta didik di MTsN 2 Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber datanya di peroleh melalui Observasi, Wawancara, dan Dokumetasi. Teknik Analisis data menggunakan Reduksi data, Penyajian data, dan Penarikan Kesimpulan. Pengecekan Keabsahan data menggunakan Perpanjangan kehadiran, dan Triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perencanaan Guru Akidah Akhlak di MTsN 2 Kota Blitar adalalah mengadakan rapat dengan dewan guru dalam menyusun kegiatan keagamaan berupa : baca Al-Quran rutin, istighosah jumat, hafalan doa-doa harian, dan kegiatan keagamaan pada tanggal tertentu sebagai pembiasaan diri jurid dalam meningkatkan kesadaran beragama peserta didik. (2) Tahap pengorganisasian yang mendukung perencanaan dilakukan dengan penyediaan fasilitas dan alat peraga oleh madrasah untuk mendukung kegiatan keagamaan peserta didik. (3) Tahap pengarahan yaitu pelaksanaan dengan metode strategi pembelajaran langsung dimana pendidik mengeluarkan perintah tertentu kepada peserta didik mengenai teknis kegiatan dan pemberian contoh dan bimbingan dalam pelaksanaan kegiatan. Adapun untuk pelaksanaan kegiatannya adalah dalam kurun waktu selama peserta didik bersekolah di MTsN 2 Kota Blitar. (4) Pengawasan atau evaluasi kegiatan peningkatan kesadaran beragama dilaksanakan bagi pendidik dan juga peserta didik. Evaluasi peserta didik adalah dengan pelaksanaan tes kemampuan agama, dan kegiatan setor hafalan doa/surah pendek, sementara evaluasi bagi pendidik adalah dengan rapat penilaian kinerja untuk mengetahui penyimpangan-penyimpangan apa yang terjadi selama pelaksanaan kegiatan peningkatran kesadaran beragama di MTsN 2 Kota Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193108 ACHMAD FARID TAJUDDIN
Date Deposited: 06 Sep 2023 04:40
Last Modified: 06 Sep 2023 04:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39944

Actions (login required)

View Item View Item