ELMA LAVENIA, 12201193022 (2023) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) KELAS VIII DI MTsN 2 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (977kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (456kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (356kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (644kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (424kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (742kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (321kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (394kB) | Preview |
Abstract
Skripsi yang berjudul “Strategi Guru dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTsN 2 Kota Blitar” ini ditulis oleh Elma Lavenia, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh H. Abdulloh Chakim, S.Ag, M.Pd. Kata Kunci : Strategi Guru, Kejenuhan Belajar Berhasil atau tidaknya pembelajaran bergantung pada proses pembelajaran yang dilaksanakan, ketika siswa berada di kelas dan pembelajaran berlangsung tentunya pernah mengalami kejenuhan. Kejenuhan belajar merupakan masalah yang umum dihadapi oleh siswa dalam lingkungan pendidikan, kejenuhan belajar dapat terjadi ketika siswa mengalami kelelahan emosional. Guru memiliki peran penting dalam mengatasi kejenuhan belajar tersebut melalui penerapan startegi atau langkah-langkah yang tepat. Sejarah kebudayaan islam (SKI) yaitu mata pelajaran yang menceritakan sebuah peristiwa atau kejadian pada masa lampau, umumnya metode yang digunakan adalah metode ceramah atau cerita, sehingga siswa terkesan hanya mendengarkan saja, sehingga pembelajaran menjadi terasa bosan dan menjenuhkan. Oleh karena itu, diperlukan startegi atau langkah yang menarik untuk siswa selama pembelajaran. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana langkah-langkah guru dalam mengatasi kejenuhan belajar SKI kelas VIII di MTsN 2 Kota Blitar?. (2) Bagaimana implikasi strategi guru terhadap pembelajaran SKI kelas VIII di MTsN 2 Kota Blitar?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah guru dalam mengatasi kejenuhan belajar SKI kelas VIII di MTsN 2 Kota Blitar dan mengetahui implikasi strategi guru terhadap pembelajaran SKI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif, yaitu berupa reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Langkah-langkah guru dalam mengatasi kejenuhan belajar yaitu: langkah pertama, yang dilakukan mempersiapan diri terlebih dahulu. Kedua, pengamatan, ketika sudah memasuki kelas adakah siswa yang mengalami kelelahan emosional seperti tidur. Ketiga, kegiatan literasi, siswa diberikan motivasi untuk membaca. Keempat, berfikir kritis siswa mengidentifikasi materi dan menanyakan hal yang belum dipahami. Kelima, collaboration, siswa dibentuk kelompok diskusi. Keenam, communication, siswa mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas. Ketujuh, creatifity, siswa dan guru membuat kesimpulan. Kedelapan, penutup, siswa merefleksikan pengalaman belajar. (2) Implikasi strategi guru terhadap pembelajaran SKI yaitu siswa lebih tertarik dan semangat. Dibuktikan dengan keaktifan siswa di kelas yaitu, menanya, menanggapi, dan menyimpulkan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1313030080 OK PRINT |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 03:34 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 03:34 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39946 |
Actions (login required)
View Item |