SHERLY ARINDA PUTRI, 12201193274 (2023) PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PADA SISWA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (884kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (100kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (400kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (53kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (13kB) | Preview |
Abstract
Skripsi. “Penerapan Metode Cooperative Learning dengan Tipe Jigsaw pada Siswa dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMA Negeri 1 Boyolangu Tulungagung” ini ditulis oleh Sherly Arinda Putri, Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), NIM: 1221193274 Tahun 2023 dibimbing oleh Dr. Nuryani, S.Ag, M.Pd.I. Kata kunci: Metode pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw, Guru Pendidikan Agama Islam, Siswa Latar belakang Penelitian ini pada era modern seperti saat ini, pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas hidup manusia dan membuat mereka mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Siswa cenderung bosan dalam pelajaran pendidikan agama islam karena mereka lebih banyak membaca dan memahami beberapa materi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode Cooperative Learning tipe Jigsaw pada siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam menggunakan desain penelitian kualitatif deskriptif. Metode ini dirancang untuk meningkatkan partisipasi aktif dan kerja sama antara siswa dalam proses pembelajaran PAI. Adapun fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan penerapan metode cooperative learning tipe jigsaw pada pembelajaran pendidikan agama islam di SMA Negeri 1 Boyolangu?, (2) Apa saja faktor penghambat dalam melaksanakan metode cooperative learning tipe jigsaw dalam pelajaran pendidikan agama islam?, (3) Apa saja faktor pendukung dalam melaksanakan metode cooperative learning tipe jigsaw dalam pelajaran pendidikan agama islam?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan penerapan metode cooperative learning tipe jigsaw pada pembelajaran pendidikan agama islam di sma negeri 1 boyolangu, untuk mendeskripsikan faktor penghambat dalam melaksanakan metode cooperative learning tipe jigsaw dalam pelajaran pendidikan agama islam, untuk mendeskripsikan faktor pendukung dalam melaksanakan metode cooperative learning tipe jigsaw dalam pelajaran pendidikan agama islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan secara rinci pengalaman siswa dalam menerapkan metode Cooperative Learning tipe Jigsaw dalam pembelajaran PAI. Selain itu, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa faktor yang mempengaruhi penerapan metode Cooperative Learning tipe Jigsaw dalam konteks pembelajaran PAI. Hasil penelitian ini dapat memberikan panduan praktis bagi para guru PAI dalam merancang pembelajaran yang lebih interaktif dan kolaboratif, serta memberikan manfaat bagi pengembangan keterampilan sosial dan pemahaman agama Islam siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan Pendidikan Islam Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S1 12201193274 SHERLY ARINDA PUTRI |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 03:46 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 03:46 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39949 |
Actions (login required)
View Item |