STRATEGI PEMASARAN PADA BAITUL MAL WAT TAMWIL UNTUK MENARIK MINAT NASABAH MEMILIH PRODUK SIMPANAN (Studi Kasus Baitul Mal Wat Tamwil BIM Cabang Maduran Dan Baitul Mal Wat Tamwil PETA Cabang Lamongan)

DIMAS PANJI WARDANA, 12401183131 (2023) STRATEGI PEMASARAN PADA BAITUL MAL WAT TAMWIL UNTUK MENARIK MINAT NASABAH MEMILIH PRODUK SIMPANAN (Studi Kasus Baitul Mal Wat Tamwil BIM Cabang Maduran Dan Baitul Mal Wat Tamwil PETA Cabang Lamongan). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (896kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (213kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (323kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (357kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (732kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (430kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persaingan yang semakin ketat antar lembaga keuangan, tak terkecuali lembaga keuangan Baitul Mal Wat Tamwil dituntut lebih kreatif dan inovatif semakin ketat tingkat persaingan bisnis maka dibutuhkan fungsi pemasaran yang baik. Berangkat dari sini peneliti ingin meneliti tentang strategi yang digunakan dalam menarik minat nasabah. Tujuan penelitian skripsi ini adalah. (1) Bagaimana pelaksanaan strategi pemasaran yang dilakukan untuk menarik minat nasabah memilih produk simpanan di BMT BIM Cabang Maduran Dan BMT PETA Cabang Lamongan? (2) Bagaimana minat nasabah dalam memilih produk simpanan di BMT BIM Cabang Maduran Dan BMT PETA Cabang Lamongan? (3) Apa saja kendala dan solusi dari strategi pemasaran produk simpanan di BMT BIM Cabang Maduran Dan BMT PETA Cabang Lamongan? Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang diambil oleh peneliti adalah data primer dan sekunder. Adapun dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisis data Saryono dan Anggraeni, analisis ini dilakukan pada saat pengumpulan data berlangsung. Sedangkan dalam menguji keabsahan data digunakan triangulasi sumber dan teori. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan (1) strategi pemasaran yang dilakukan untuk menarik minat nasabah memilih produk simpanan di BMT BIM Cabang Maduran Dan BMT PETA Cabang Lamongan dengan menggunakan strategi marketing mix 7P produk, harga, tempat, promosi, proses, orang, dan bukti fisik dan juga menggunakan strategi STP Segmentasi, Targeting, dan Positioning. (2) minat nasabah dalam memilih produk simpanan di BMT BIM Cabang Maduran Dan BMT PETA Cabang Lamongan sangat positif, minat nasabah dipengaruhi oleh pemasaran yang dilakukan oleh BMT BIM Cabang Maduran Dan BMT PETA Cabang Lamongan (3) kendala di BMT BIM Cabang Maduran adalah kepercayaan masyarakat dan persaingan dengan lembaga keuangan lain, untuk solusi yang dilakukan peningkatan informasi yang transparan dan menyesuaikan pemasaran dengan kebutuhan nasabah, dan kendala di BMT PETA Cabang Lamongan ialah promosi yang kurang optimal, pemilihan lokasi yang kurang strategis, dan persaingan dengan lembaga keuangan lain, untuk solusi yang dilakukan menggunakan ilmu dan teknologi yang baru untuk promosi, dan memilih lokasi yang strategis, menyesuaikan pemasaran dan kebutuhan nasabah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 12208183045 Ahmad Faza Zulfikar
Date Deposited: 08 Sep 2023 07:37
Last Modified: 08 Sep 2023 07:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39969

Actions (login required)

View Item View Item