HUBUNGAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAQ DENGAN SIKAP TAWADHU’ DAN SIKAP TASAMUH PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 BLITAR

HINNA SACHINA, 12201193284 (2023) HUBUNGAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAQ DENGAN SIKAP TAWADHU’ DAN SIKAP TASAMUH PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (911kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (509kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (451kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (596kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (754kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (691kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (649kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (250kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Hubungan Hasil Belajar Akidah Akhlaq dengan Sikap Tawadhu’ dan Sikap Tasamuh Peserta Didik di MTsN 1 Blitar” ini ditulis oleh Hinna Sachina, NIM 12201193284, pembimbing Ahmad Natsir, M.Pd.I. Kata Kunci: Hasil Belajar, Tawadhu’, Tasamuh, Kuantitatif Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin marak terjadinya kemrosotan moral di kalangan anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Kemrosotan moral terjadi di lingkungan masyarakat, pendidikan formal yakni sekolah maupun perguruan tinggi. Kemrosotan moral terjadi secara berkelanjutan dan secara cepat membudaya hingga saat ini belum ada solusi dan tindakan yang tepat untuk memperbaiki hal itu. Kondisi ini semakin mengkhawatirkan karena lunturnya rasa menghargai antar sesama, baik anak dengan orang taunya, peserta didik dengan guru serta mahasiswa dengan dosennya. Inovasi pada bidang teknologi tidak dapat dipungkiri selain membawa dampak positif juga banyak membawa keburukan bagi manusia. Dampak yang dapat dirasakan untuk sekarang adalah berkurangnya sikap tawadhu’ dan sikap tasamuh antar sesama baik di lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan hubungan hasil belajar akidah akhlaq dengan sikap tawadhu’ peserta didik di MTsN 1 Blitar. (2) Untuk menjelaskan hubungan hasil belajar akidah akhlaq dengan sikap tasamuh peserta didik di MTsN 1 Blitar. (3) untuk menjelaskan hubungan hasil belajar akidah akhlaq dengan sikap tawadhu’ dan sikap tasamuh peserta didik di MTsN 1 Blitar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasi. Untuk metode pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk mendapatkan data dari sikap tawadhu’ dan sikap tasamuh yang dimiliki peserta didik. Sedangkan metode dokumentasi adalah metode yang digunkan untuk mendapatkan data dari hasil belajar akidah akhlaq peserta didik. Analisis data menggunakan uji Normalitas, uji Linieritas, uji Korelasi, uji MANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Tidak terdapat hubungan antara hasil belajar akidah akhlaq dengan sikap tawadhu’ yang dimiliki peserta didik kelas VIII di MTsN 1 Blitar. (2) Tidak terdapat hubungan antara hasil belajar akidah akhlaq dengan sikap tasamuh yang dimiliki peserta didik kelas VIII di MTsN 1 Blitar. (3) Tidak terdapat hubungan antara hasil belajar akidah akhlaq dengan sikap tawadhu’ dan sikap tasamuh yang dimiliki peserta didik kelas VIII di MTsN 1 Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 12201193284 HINNA SACHINA
Date Deposited: 13 Sep 2023 03:58
Last Modified: 13 Sep 2023 03:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39977

Actions (login required)

View Item View Item