HINNA SACHINA, 12201193284 (2023) HUBUNGAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAQ DENGAN SIKAP TAWADHU’ DAN SIKAP TASAMUH PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (911kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (509kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (451kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (596kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (754kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (691kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (672kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (649kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (250kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Hubungan Hasil Belajar Akidah Akhlaq dengan Sikap Tawadhu’ dan Sikap Tasamuh Peserta Didik di MTsN 1 Blitar” ini ditulis oleh Hinna Sachina, NIM 12201193284, pembimbing Ahmad Natsir, M.Pd.I. Kata Kunci: Hasil Belajar, Tawadhu’, Tasamuh, Kuantitatif Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin marak terjadinya kemrosotan moral di kalangan anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Kemrosotan moral terjadi di lingkungan masyarakat, pendidikan formal yakni sekolah maupun perguruan tinggi. Kemrosotan moral terjadi secara berkelanjutan dan secara cepat membudaya hingga saat ini belum ada solusi dan tindakan yang tepat untuk memperbaiki hal itu. Kondisi ini semakin mengkhawatirkan karena lunturnya rasa menghargai antar sesama, baik anak dengan orang taunya, peserta didik dengan guru serta mahasiswa dengan dosennya. Inovasi pada bidang teknologi tidak dapat dipungkiri selain membawa dampak positif juga banyak membawa keburukan bagi manusia. Dampak yang dapat dirasakan untuk sekarang adalah berkurangnya sikap tawadhu’ dan sikap tasamuh antar sesama baik di lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan hubungan hasil belajar akidah akhlaq dengan sikap tawadhu’ peserta didik di MTsN 1 Blitar. (2) Untuk menjelaskan hubungan hasil belajar akidah akhlaq dengan sikap tasamuh peserta didik di MTsN 1 Blitar. (3) untuk menjelaskan hubungan hasil belajar akidah akhlaq dengan sikap tawadhu’ dan sikap tasamuh peserta didik di MTsN 1 Blitar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasi. Untuk metode pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk mendapatkan data dari sikap tawadhu’ dan sikap tasamuh yang dimiliki peserta didik. Sedangkan metode dokumentasi adalah metode yang digunkan untuk mendapatkan data dari hasil belajar akidah akhlaq peserta didik. Analisis data menggunakan uji Normalitas, uji Linieritas, uji Korelasi, uji MANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Tidak terdapat hubungan antara hasil belajar akidah akhlaq dengan sikap tawadhu’ yang dimiliki peserta didik kelas VIII di MTsN 1 Blitar. (2) Tidak terdapat hubungan antara hasil belajar akidah akhlaq dengan sikap tasamuh yang dimiliki peserta didik kelas VIII di MTsN 1 Blitar. (3) Tidak terdapat hubungan antara hasil belajar akidah akhlaq dengan sikap tawadhu’ dan sikap tasamuh yang dimiliki peserta didik kelas VIII di MTsN 1 Blitar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan Islam Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S1 12201193284 HINNA SACHINA |
Date Deposited: | 13 Sep 2023 03:58 |
Last Modified: | 13 Sep 2023 03:58 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39977 |
Actions (login required)
View Item |