ANALISIS LEMBAR KERJA SISWA (LKS) IPA KELAS VIII SEMESTER 1 BERDASARKAN KELAYAKAN MATERI, KEBAHASAAN, PENYAJIAN MATERI, KEGRAFIKAN, DAN KUALITAS SOAL

ADELA WINDIAR, 12208193114 (2023) ANALISIS LEMBAR KERJA SISWA (LKS) IPA KELAS VIII SEMESTER 1 BERDASARKAN KELAYAKAN MATERI, KEBAHASAAN, PENYAJIAN MATERI, KEGRAFIKAN, DAN KUALITAS SOAL. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (741kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (578kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (501kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (523kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (716kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (820kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (487kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Lembar Kerja Siswa (LKS) IPA Kelas VIII Semester I Berdasarkan Kelayakan Materi, Kebahasaan, Penyajian Materi, Kegrafikan, dan Kualitas Soal” ini di tulis oleh Adela Windiar, NIM. 12208193114, pembimbing Haslinda Yasti Agustin S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Lembar kerja siswa (LKS), Materi, Kebahasaan, Penyajian Materi, Kegrafikan, dan Soal. Bahan ajar merupakan media pembelajaran yang sangat penting dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Salah satu bahan ajar yang banyak digunakan adalah Lembar Kerja Siswa (LKS). Keberadaan LKS diharapkan dapat membantu peserta didik belajar secara mandiri. Oleh karena itu, lembar kerja siswa (LKS) wajib memperhatikan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang telah ditentukan oleh pemerintah. Apabila penyusunan LKS tidak sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar maka kompetensi peserta didik tidak akan berkembang sehingga hasil belajar kurang memuaskan. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan kelayakan materi, (2) Mendeskripsikan kelayakan kebahasaan, (3) Mendeskripsikan kelayakan penyajian materi, (4) Mendeskripsikan kelayakan kegrafikan berdasarkan panduan penilaian Badan Standar Nasional Pusat (BSNP), dan (5) Mendeskripsikan kualitas soal berdasarkan panduan penilaian soal SMP/MTs Kemendikbud dan panduan penilaian soal HOTS. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif menganalisis LKS dan dokumen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan cara studi dokumentasi. Studi dokumentasi sebagai salah satu cara menganalisis LKS berdasarkan kelayakan materi, kelayakan kebahasaan, kelayakan penyajian materi, kelayakan kegrafikan berdasarkan dokumen BSNP, dan kualitas soal berdasarkan panduan penilaian soal SMP/MTs Kemendikbud dan panduan penilaian soal HOTS. LKS yang diteliti yaitu LKS IPA untuk SMP/MTs Kelas VIII Semester 1 CV. Grahadi setiap bab memuat judul, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, pendidikan karakter, peta konsep, apersepsi, materi, dan soal latihan. Hasil dari penelitian ini adalah (1) kelayakan materi memperoleh hasil 83,2% dengan kriteria baik, (2) kelayakan kebahasaan memperoleh hasil 74,97% dengan kriteria baik, (3) kelayakan penyajian materi memperoleh hasil 97,21% dengan kriteria penilaian sangat baik, (4) kelayakan kegrafikan memperoleh hasil 80% dengan kriteria penilaian baik, (5) kualitas soal memperoleh hasil 83,855% dengan kriteria penilaian baik. Hasil dari keseluruhan LKS IPA memperoleh nilai persentase 83,863% dengan kriteria penilaian baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Mutu Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208193114 Adela Windiar
Date Deposited: 11 Sep 2023 02:11
Last Modified: 11 Sep 2023 02:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39980

Actions (login required)

View Item View Item