DIAGNOSIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP HIMPUNAN SISWA KELAS VII MTs ASSYAFI’IYAH GONDANG TULUNGAGUNG

FARIDA MAULINA, 12204193270 (2023) DIAGNOSIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP HIMPUNAN SISWA KELAS VII MTs ASSYAFI’IYAH GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (453kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (918kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Diagnosis Kemampuan Pemahaman Konsep Himpunan Siswa Kelas VII MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung” ini ditulis oleh Farida Maulina, NIM. 12204193270. Pembimbing Dr. Muniri, M.Pd. Kata kunci: Kemampuan, Pemahaman Konsep, Materi Himpunan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa masih kebingungan memahami konsep matematis pada materi himpunan. Perlu diketahui bahwa, salah satu kategori utama dari dasar materi pendidikan di sekolah menekankan pada pemahaman, agar seseorang dapat merasakan manfaat matematika dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu pemahaman konsep matematis diangkat dalam penelitian ini. Pemahaman konsep itu sendiri merupakan kemampuan menjelaskan keterkaitan antara konsep dan pengaplikasian konsep dalam pemecahan masalah. Indikator pemahaman konsep matematis dalam menyelesaikan masalah yaitu, translation, interpretation, dan ekstrapolation. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep himpunan siswa berkemampuan tinggi di kelas VII MTs Assyafi’iyah Gondang. (2) Untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep himpunan siswa berkemampuan sedang di kelas VII MTs Assyafi’iyah Gondang. (3) Untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep himpunan siswa berkemampuan rendah di kelas VII MTs Assyafi’iyah Gondang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah studi kasus (case studies). Pemilihan subjek berdasarkan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes tulis, wawancara, dan dokumentasi. Pengambilan data dimulai dengan tes kemampuan pemahaman konsep himpunan. Dari hasil tes, siswa dikelompokkan menjadi kategori kemampuan (tinggi, sedang, rendah) yang diwakili 2 subjek dari setiap kelompok kategori (total 6). Langkah selanjutnya kemudian dilakukan proses wawancara yang berkaitan dengan hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis yang telah dikerjakan. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) kemampuan pemahaman konsep himpunan siswa berkemampuan tinggi memenuhi tiga indikator yaitu menerjemahkan, menafsirkan, dan menyimpulkan. Subjek berkemampuan tinggi tidak mengalami masalah dalam menyelesaikan permasalahan yang disajikan. (2) kemampuan pemahaman konsep himpunan siswa berkemampuan sedang memenuhi dua indikator, yaitu menerjemahkan dan menafsirkan. Subjek berkemampuan tidak dapat mengkaitkan suatu konsep dengan konsep yang lain dikarenakan kurang pahamnya terhadap permasalahan yang disajikan. (3) kemampuan pemahaman konsep himpunan siswa berkemampuan rendah hanya memenuhi satu indikator saja yaitu menafsirkan. Hal itu dikarenakan subjek kurang memahami materi tentang himpunan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Himpunan
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Matematika > Variabel
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S1 12204193270 FARIDA MAULINA
Date Deposited: 25 Sep 2023 08:56
Last Modified: 25 Sep 2023 08:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39994

Actions (login required)

View Item View Item