STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI MI HIDAYATUL MUBTADI’IN SUKORAME GANDUSARI TRENGGALEK

MONIKA SETIYO WAHYUNI, 12205183337 (2023) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI MI HIDAYATUL MUBTADI’IN SUKORAME GANDUSARI TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di MI Hidayatul Mubtadi‟in Sukorame Gandusari Trenggalek” ini ditulis oleh Monika Setiyo Wahyuni, NIM. 12205183337, dibimbing oleh Bapak Khoirul Anam, M.Pd.I. Kata Kunci : Strategi Guru, Minat Belajar, Mata Pelajaran IPA. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya strategi guru dalam proses pembelajaran, khususnya pembelajaran IPA yang dianggap sulit karena terkadang terdiri dari beberapa kata yang sulit dipahami oleh siswa. IPA dianggap sebagai pembelajaran yang membosankan bagi siswa, sehingga guru dituntut untuk menyajikan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi siswa. Berbagai macam strategi yang bisa dilakukan guru byaitu dengan mengembangkan metode pembelajaran, media pembelajaran dan pelaksanaan evaluasi pembelajaran yang baik. Dengan strategi guru tersebut maka proses pembelajaran akan menarik dan menyenangkan, sehingga diharapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana strategi guru dalam memilih metode untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA di MI Hidayatul Mubtadi‟in Sukorame Gandusari Trenggalek? (2) Bagaimana startegi guru dalam memilih media untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA di MI Hidayatul Mubtadi‟in Sukorame Gandusari Trenggalek? (3) Bagaimana strategi guru dalam melakukan evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA di MI Hidayatul Mubtadi‟in Sukorame Gandusari Trenggalek? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitiannya di MI Hidayatul Mubtadi‟in Sukorame Gandusari Trenggalek. Teknik pengumpulan datanya yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitiannya yaitu wakil kepala sekolah, guru IPA kelas V dan VI, serta siswa kelas VI. Hasil penelitian: (1) Strategi guru dalam menentukan metode pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA di MI Hidayatul Mubtadi‟in Sukorame adalah menerapkan metode dengan tujuan pembelajaran, kondisi kelas, karakteristik siswa dan alokasi waktu. Metode yang digunakan metode ceramah, tanya jawab, berkelompok dan eksperimen. (2) Strategi guru dalam menentukan media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA di MI Hidayatul Mubtadi‟in Sukorame adalah dengan media pembelajaran yang bervariasi sesuai dengan materi dan tujuan pembelajaran, media harus sesuai dengan kondisi siswa, biaya, alokasi waktu, sarana dan prasarana yang tersedia serta kemampuan guru dalam mengaplikasikan media pembelajaran. Media yang digunakan media sederhana seperti papan tulis, kertas, botol miuman, kayu, dan benda-benda yang ada di sekitar lingkungan sekolah. Media visual yang digunakan seperti alat peraga pembelajaran IPA, media bergambar, dan proyektor untuk video pembelajaran. (3) Strategi guru dalam melakukan evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA di MI Hidayatul Mubtadi‟in Sukorame dengan menentukan jenis dan teknik evaluasi pembelajaran dengan menyesuaikan tujuan pembelajaran, materi pembelajaran dan kemampuan siswa dalam belajar. Jenis evaluasinya adalah formatif dan sumatif. Teknik evaluasi yang dilakukan guru dalam pembelajaran yakni dengan menggunakan tes maupun non tes.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 12205183337 MONIKA SETIYO WAHYUNI
Date Deposited: 13 Sep 2023 02:31
Last Modified: 13 Sep 2023 02:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40063

Actions (login required)

View Item View Item