PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI BERBASIS INFOGRAFIS PADA MATERI PERAN IPTEK DALAM KEGIATAN EKONOMI KELAS VII SMPN 1 MOJOWARNO

IRMA AFIDATUL HIMMAH, 12209183027 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI BERBASIS INFOGRAFIS PADA MATERI PERAN IPTEK DALAM KEGIATAN EKONOMI KELAS VII SMPN 1 MOJOWARNO. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (986kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (844kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (324kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Berbasis Infografis Pada Materi Peran IPTEK Dalam Kegiatan Ekonomi Kelas VII SMPN 1 Mojowarno” ditulis oleh Irma Afidatul Himmah, NIM. 12209183027, Pembimbing Bagus Setiawan, M.Pd. Kata Kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran, Animasi berbasis infografis. Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran materi IPS yang menggunakan model pembelajaran buku cetak. Kegiatan pembelajaran yang monoton sehingga membuat peserta didik menjadi bosan yang mengakibatkan mengantuk, ngomong sendiri, dan lempar-lemparan kertas dikelas saat KBM berlangsung. Permasalahan bertambah ketika kurangnya pemanfaatan prasarana yang ada disekolah seperti adanya LCD proyektor yang tidak dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang efektif. Dengan adanya kemajuan TIK yang mengglobal saat ini sangat diperlukan inovasi untuk mengembangkan media pembelajaran. Oleh karena itu peneliti berdasarkan temuan masalah yang muncul peneliti berusaha melakukan inovasi baru yaitu mengembangkan media pembelajaran animasi berbasis infografis yang sebelumnya belum pernah diimplementasikan di SMPN 1 Mojowarno. Rumusan masalah pada penulisan skripsi ini adalah 1) Bagaimana pengembangan media pembelajaran animasi berbasis infografis pada materi peran iptek dalam kegiatan ekonomi kelas VII di SMPN 1 Mojowarno, 2) Bagaimana tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran animasi berbasis infografis sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMPN 1 Mojowarno. Penelitian ini merupakan R&D dengan menggunakan model Borg and Gall, yakni penelitian & pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draft produk, validasi desain, revisi desain, uji skala kecil, revisi skala kecil, uji lapangan skala besar, penyempurnaan produk & desiminasi. Penelitian ini didapatkan melalui analisis pendahuluan, angket validasi, angket respon peserta didik, tabel observasi aktivitas peserta didik, pretest dan posttest. Hasil uji validasi ahli media memperoleh 77% dan validasi ahli materi memperoleh 84,25% yang berkriteria valid. Hasil uji kepraktisan diperoleh dari hasil angket respon peserta didik sebesar 86% yang berkiteria praktis. Analisis pengamatan peserta didik memperoleh 15% dan nilai ketuntasan post-test memperoleh 86,6% peserta didik yang tuntas lebih dari 75% yang berarti animasi berbasis infografis praktis digunakan dalam media pembelajaran. Hasil uji keefektifan dengan uji hipotesis menggunakan Paire Sample Test data hasil tes diperoleh nilai sig.(2-tailed) = 0,00. karena nilai dari sig.(2-tailed) kurang dari taraf signifikansi = 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 yang diartikan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan di kelas VII-H antara sebelum & sesudah menggunakan media pembelajaran animasi berbasis infografis pada KBM. Hasil ini terbukti bahwa diambil dari nilai pretest 66% sedangkan posttest 86,6% dengan demikian media pembelajaran dinyatakan signifikan dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 1313030080 OK PRINT
Date Deposited: 13 Sep 2023 01:59
Last Modified: 13 Sep 2023 01:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40068

Actions (login required)

View Item View Item