IMPLEMENTASI INTEGRASI SAINS DAN AL-QUR’AN DALAM PEMBELAJARAN IPA-BIOLOGI MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 3 BLITAR

FARIHATUN NAFI’AH, 12208193027 (2023) IMPLEMENTASI INTEGRASI SAINS DAN AL-QUR’AN DALAM PEMBELAJARAN IPA-BIOLOGI MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 3 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (312kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (772kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (638kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (260kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Integrasi Sains dan Al-Qur’an dalam Pembelajaran IPA-Biologi Materi Sistem Pernapasan pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri 3 Blitar” ini ditulis oleh Farihatun Nafi’ah, NIM. 12208193027, pembimbing Muhammad Iqbal Filayani, M.Si. Kata Kunci: Implementasi, Integrasi, Sains Al-Qur’an, Sistem Pernapasan, Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi Sebagai upaya dalam menciptakan peserta didik yang unggul dalam segi spiritual dan keilmuannya, dapat dilakukan melalui kegiatan pembelajaran yang mengintegrasikan sains Islam. Sains Islam bukanlah sains khas islam dan berbeda dari lainnya secara metodologi ataupun teoritis. Sains islam bukan pula sains yang menyesuaikan temuan ilmiah dengan Nas Al-Qur’an, atau mengkaji persoalan-persoalan baru diluar wilayah sains. Integrasi sains Islam dalam pembelajaran IPA-biologi dapat dilakukan dengan model integrasi Al-Qur’an sebagai sumber inspirasi dan sumber konfirmasi. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah (1) Mendeskripsikan perencanaan implementasi integrasi sains dan Al-Qur’an dalam pembelajaran IPA-Biologi materi sistem pernapasan pada siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Blitar? (2) Mendekripsikan pelaksanaan implementasi integrasi sains dan Al-Qur’an dalam pembelajaran IPA-Biologi materi sistem pernapasan pada siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Blitar? (3) Mendekripsikan evaluasi implementasi integrasi sains dan Al-Qur’an dalam pembelajaran IPA-Biologi materi sistem pernapasan pada siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Blitar?. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode wawancara digunakan dalam memperoleh informasi kepada waka kurikulum, guru IPA, dan siswa terkait penelitian. Metode observasi digunakan dalam kegiatan pengamatan saat pembelajaran di kelas. Metode dokumentasi digunakan untuk mengetahui data terkait sejarah, visi misi madrasah, RPP dan lain sebagainya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Perencanaan implementasi integrasi sains Al-Qur’an terlihat pada RPP yang dibuat guru. RPP kelas VIII F-J yang mencantumkan ayat Al-Qur’an pada tujuan pembelajarannya, sedangkan pada RPP kelas VIII A-E tidak ditemukan bukti integrasi sains berupa penambahan ayat Al-Qur’an. 2) Pelaksanaan implementasi integrasi sains Al-Qur’an terlihat pada pelaksanaan pembelajaran mulai dari kegiatan pembuka, inti pembelajaran, penutup, serta faktor- faktor pendukungnya. Hasil penelitian tahap pelaksanaan menunjukkan bahwa guru kelas VIII F-J sudah mengimplementasikan integrasi sains Al-Qur’an, berbeda dengan guru kelas VIII A-E yang mengintegrasikan sains Al-Qur’an pada materi tertentu, dan sistem pernapasan tidak diintegrasikan dengan sains Al-Qur’an. 3) Evaluasi implementasi integrasi sains Al-Qur’an terlihat pada naskah soal yang dibuat guru. Naskah soal kelas VIII F-J terlihat mengimplementasikannya dengan mencantumkan ayat Al-Qur’an pada nomor akhir soal, sedangkan pada kelas VIII A-E tidak ditemukan implementasi integrasi sains Al-Qur’an pada naskah soalnya. Integrasi sains Al-Qur’an belum efektif jika diimplementasikan secara menyeluruh untuk seluruh guru di madrasah. Hal itu karena integrasi ini merupakan wujud pengembangan yang dilakukan guru secara personal sehingga tidak semua guru memiliki kemampuan dalam mengimplementasikannya. Dengan implementasi integrasi sains Al-Qur’an dalam pembelajaran IPA diharapkan peserta didik memiliki penguatan akhlak, keimanan, ilmu serta inspirasi dari apa yang telah dipelajari. Selain itu, guru juga memiliki kemampuan dalam mengintegrasikan sains Al-Qur’an dengan baik berdasarkan peraturan kurikulum.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi > Manusia
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208193107 Sapta Darma Widya
Date Deposited: 14 Sep 2023 02:37
Last Modified: 14 Sep 2023 02:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40073

Actions (login required)

View Item View Item