STRATEGI PELESTARIAN BUDAYA RELIGIUS DALAM MEMBENTUK KARAKTER SANTRI (Studi Multi Situs di Pondok Pesantren Al-Istighotsah Panggungrejo Tulungagung dan Pondok Pesantren Lubabul Fattah Kedungwaru Tulungagung)

WASI’ATUL FIKRIYYAH, 12850121037 (2023) STRATEGI PELESTARIAN BUDAYA RELIGIUS DALAM MEMBENTUK KARAKTER SANTRI (Studi Multi Situs di Pondok Pesantren Al-Istighotsah Panggungrejo Tulungagung dan Pondok Pesantren Lubabul Fattah Kedungwaru Tulungagung). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (941kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (169kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (425kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (305kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Wasi‘atul Fikriyyah. “Strategi Pelestarian Religius Dalam Membentuk Karakter Santri (Studi Multi Situs Di Pondok Pesantren Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung Dan Pondok Pesantren Lubabul Fattah Kedungwaru Tulungagung)”. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing I: Prof. Dr. H. Mujamil, M.Ag. Pembimbing II : Prof. Dr. Nur Effendi, M.Ag. Kata kunci: Strategi Pelestarian Religius, Membentuk Karakter Santri. Terjadinya kasus krisis moral memang bukan sepenuhnya dipengaruhi oleh faktor kegagalan pendidikan, akan tetapii apabila pendidikan berhasil membentuk karakter religius dan budi pekerti anak yang baik, itu akan menjadi dasar anak untuk tidak melakukan criminal dalam keadaan apapun. Penelitian ini menfokuskan pembahasan pada (1) Bagaimana strategi pendekatan budaya religius dalam membentuk karakter santri di Pondok Pesantren Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung dan Pondok Pesantren Lubabul Fattah Kedungwaru Tulungagung? (2). Bagaimana strategi pelaksanaan budaya religius dalam membentuk karakter santri di Pondok Pesantren Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung dan Pondok Pesantren Lubabul Fattah Kedungwaru Tulungagung? (3). Bagaimana strategi pengendalian budaya religius dalam membentuk karakter santri di Pondok Pesantren Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung dan Pondok Lubabul Fattah Kedungwaru Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan model analisis deskriptif dengan interaktif Miles Huberman dan Saldana yaitu: pengumpulan data, kondensasi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Serta keabsahan data menggunakan credibility (validasi internal), transferability (validasi eksternal), dependability (realibilitas) dan confirmability (obyektivitas). Hasil penelitian ini adalah: (1) Strategi pendekatan-pendekatan pelestarian budaya religius dalam membentuk karakter santri dilakukan dengan jalan. (a) pendekatan individual emosional dengan menggugah kesadaran santri. (b) pendekatan kelompok humanistic religius dengan mengerakkan santri. (2) Strategi pelaksanaan pelestarian budaya religius dalam membentuk karakter santri dilakukan dengan jalan: (a) menerapkan pembiasaan dengan adanya pembiasaan yang dilakukan dalam diri individru (b) memberikan keteladanan dengan menerapkan halal bi halal, berdo’a bersama sebelum mengaji (c) kebersamaan dalam kegiatan membudayakan religius. (3). Strategi pengendalian pelestarian budaya religius dalam membentuk karakter santri dilakukan dengan jalan antara lain (a) adanya tata tertib, daftar hadir, (b) monitoring dari madrasah 3) pemberian sanksi.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12850121307 WASI’ATUL FIKRIYYAH
Date Deposited: 14 Sep 2023 08:33
Last Modified: 14 Sep 2023 08:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40075

Actions (login required)

View Item View Item