STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN SIKAP DISIPLIN PADA SISWA MTS DARUSSALAM ARIYOJEDING REJOTANGAN TULUNGAGUNG

MUHAMAD ALFIN FAHRUDDIN, 12201173223 (2023) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN SIKAP DISIPLIN PADA SISWA MTS DARUSSALAM ARIYOJEDING REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (765kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (748kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (857kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (788kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (363kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Menanamkan Sikap disiplin Pada Siswa MTS Darussalam Ariyojeding Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Muhamad Alfin Fahruddin. NIM 12201173223, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmtullah Tulungagung yang dibimbing oleh H. Abdullah Chakim,S,Ag.M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru Akidah Akhlak, Sikap Disiplin Penelitian ini latar belakangi oleh peristiwa dengan peserta didik yang memulai kehilangan sikap disiplin atau periku.dengan adanya tersebut memuncul dampak negatif dan bisa dicontoh oleh adik - adik kelas, hal ini bisa mengubah atau memperbaiki sikap generasi yang akan menghambat perkembangan pada dirinya.Oleh karena itu sebagai penerus bangsa harus memiliki pengendali diri agar menjadi pribadi yang kuat memulai jenjang pendidikan. Diperhatikan oleh guru akidah akhlak mempunyai jiwa yang mendidik akidah dan akhlak untuk siswa, tetapi juga dengan sikap disiplin. Disiplin patuh tertib, tertib, teratur perlu dilatih dan dibiasakan, agar siswa terbiasa melakukan disiplin dalam kehidupan sehari-hari.Sebagai guru akidah akhlak di madrasah harus mempunyai figur panutan yang baik dalam membentuk sikap disiplin bagi peserta didik. Fokus permasalahan ini adalah (1) Bagaimana Perencanaan Guru Akidah Akhlak dalam menanamkan sikap disiplin siswa MTS Darussalam Ariyojeding Rejotangan Tulungagung ? (2) Bagaimana tahapan dan langkah - langkah Guru Akidah Akhlak Dalam Menanamkan Sikap Disiplin ? (3) Apa saja faktor penghambat dan bagaimana solusinya Dalam Menanamkan Sikap Disiplin kepada siswa MTS Darussalam Ariyojeding Rejotangan Tulungagung? Tujuan fokus penelitian penelitian diatas adalah: (1) Untuk mengetahui perencanaan Guru Akidah Akhlak Dalam Menanamkan Sikap Disiplin Pada Siswa MTS Ariyojeding Rejotangan Tulungagung.(2) Untuk mengetahui tahapan dan langkah - langkah Guru Akidah Akhlak Dalam Menanamkan Sikap Dsiplin. (3) Untuk mengetahui Faktor Hambatan dan Solusi Dalam Menanamkan Sikap Disiplin pada siswa MTS Darussalam Ariyojeding Rejotangan Tulungagung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi .Tahap - tahap analisis data yang digunakan peneliti melalui reduksi data, penyajian data, dan vertifikasi data, pengecekan keabasahan data melalui tringulasi sumber dan trianggulasi Teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan guru akidah akhalak dalam menanamkan disiplin pada peserta didik di MTS Darussalam Ariyojeding Rejotangan Tulungagung yaitu: a) membuat program khusus seperti pembiasaan, sikap disiplin bagi peserta didik, agar peserta didik menaati aturan tata tertib sekolah. b). Menyusun program sikap disiplin meliputi: Sholat dhuha berjama’ah di dalam kelas, membaca Al- Qura’an dan sholat dhuhur di dalam kelas. (2)Tahapan dan langkah - langkah guru guru akidah akhlak dalam menanamkan disiplin pada peserta didik di MTS Darussalam Ariyojeding Rejotangan Tulungagung yaitu: a) menetapkan tujuan sebagai program menanamkan sikap disiplin, b) melakukan pengawasan kepada peserta didik agar guru dapat mengontrol, merubah sikap disiplin menjadi lebih baik, c) memberikan konsekuensi bersifat mendidik agar peserta didik supaya tambah semangat merubah sikap disiplin. (3) Faktor hambatan dan solusi dalam menanamkan sikap disiplin pada siswa MTS Darusslam Ariyojeding Rejotangan Tulungagung, memotivasi siswa, pergaulan teman sekolah, mengundang orang tua siswa atau musyawarah kepada guru.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Guru
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173223 MUHAMAD ALFIN FAHRUDDIN
Date Deposited: 18 Sep 2023 04:06
Last Modified: 18 Sep 2023 04:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40089

Actions (login required)

View Item View Item