EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA FILM PENDEK DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTsN 6 TULUNGAGUNG

YUSUF IRSYADI, 12209173043 (2023) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA FILM PENDEK DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTsN 6 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (284kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (147kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB)

Abstract

Penelitian dengan judul “Efektifitas Penggunaan Media Film Pendek Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di MTsN 6 Tulungagung”. ditulis oleh Yusuf Irsyadi, NIM. 12209173043, Program Studi Tadris Ilmu Pendidikan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN SATU Tulungagung, dibimbing oleh Bagus Setiawan, M.Pd. Kata Kunci: Media Film Pendek, Minat Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial Media film pendek sebagai salah media pembelajaran menjadi fasilitas pembelajaran yang ditujukan untuk meningkatkan minat belajar siswa. Melalui bantuan media film pendek ini siswa diharapkan tidak bosan dalam mengikuti pembelajaran IPS. Penggunaan media film pendek dalam pembelajaran menjadi bagian penting sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1)Bagaimana proses penggunaan media film pendek dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MTsN 6 Tulungagung?. 2)Bagaimana peningkatan minat belajar siswa dalam melaksanakan pembelajaran dengan penggunaan media film pendek pada mata pelajaran IPS di MTsN 6 Tulungagung? Metode dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Adapun sumber data menggunakan sumber data sekunder yaitu mennggali data secara langsung ke lokasi penelitian yaitu di MTsN 6 Tulungagung, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi dan metode pengecekan keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan minat belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dalam melaksanakan pembelajaran film pendek dengan materi keadaan alam indonesia pada siswa MTsN 6 Tulungagung. Serta harapannya dapat memberikan inspirasi gaya belajar yang baru sehingga diminati oleh siswa. Hasil penelitian ini adalah: 1) Proses penggunaan media film pendek dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MTsN 6 Tulungagung. Proses yang dilakukan sangat efektif dilaksanakan melalui media film pendek proses pembelajaran IPS dapat tersalurkan dengan baik, dibuktikan dengan meningkatnya minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS. 2) Peningkatan minat belajar siswa dalam melaksanakan pembelajaran dengan penggunaan media film pendek pada mata pelajaran IPS di MTsN 6 Tulungagung. Hal ini dibuktikan dengan ketuntasan belajar siswa pada hasil pembelajaran. Terdapat 3 tahap pertemuan yang digunakan sebagai penilaian, pada tahap ketiga ketuntasan belajar mencapai 90% siswa yang dinyatakan tuntas atau memiliki nilai diatas standard KKM.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12209173043 YUSUF IRSYADI
Date Deposited: 13 Sep 2023 07:03
Last Modified: 13 Sep 2023 07:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40104

Actions (login required)

View Item View Item