KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA MATERI HUKUM NEWTON KELAS X-MIPA 2 DI SMA NEGERI 1 TULUNGAGUNG BERDASARKAN GAYA BELAJAR

DENIS SHANIA TRICIA, 12211183030 (2023) KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA MATERI HUKUM NEWTON KELAS X-MIPA 2 DI SMA NEGERI 1 TULUNGAGUNG BERDASARKAN GAYA BELAJAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (896kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Pembelajaran Fisika Materi Hukum Newton Kelas X-MIPA 2 di SMA Negeri 1 Tulungagung Berdasarkan Gaya Belajar” ini ditulis oleh Denis Shania Tricia, NIM. 12211183030, Prodi Tadris Fisika Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Maryono M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Hukum Newton, Gaya Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh respons beragam yang dimiliki peserta didik untuk memahami materi, setiap peserta didik memiliki cara yang berbeda beda dalam menyerap informasi. Selain itu pentingnya memiliki kemampuan berpikir kritis pada zaman sekarang menjadi faktor utama dilakukannya penelitian ini. Kemampuan Berpikir kritis dapat membantu peserta didik untuk memiliki kompetensi dasar yaitu kreatif, mandiri, informatif, dan komunikatif. Tujuan penelitian ini : (1) untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan gaya belajar Visual dalam pembelajaran Fisika materi Hukum Newton. (2) untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan gaya belajar Auditorial dalam pembelajaran Fisika materi Hukum Newton. (3) untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan gaya belajar Kinestetik dalam pembelajaran Fisika materi Hukum Newton kelas X-MIPA 2 SMA Negeri 1 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Studi kasus. responden pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X-MIPA 2 SMA Negeri 1 Tulungagung. Sedangkan subjek dari penelitian ini adalah 6 peserta didik kelas X-MIPA 2 dengan masing-masing 2 peserta didik dengan gaya belajar Visual, 2 peserta didik dengan gaya belajar auditorial, dan 2 peserta didik dengan gaya belajar kinestetik. Teknik pengambilan data yaitu menggunakan teknik angket, observasi, wawancara dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan gaya belajar Visual telah memenuhi keempat indikator yaitu interpretasi, analisis, inferensi, eksplanasi, dan tidak memenuhi satu indikator yaitu evaluasi. (2) kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan gaya belajar Auditorial tidak memenuhi kelima indikator yaitu interpretasi, analisis, inferensi, eksplanasi, dan evaluasi. (3) kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan gaya belajar Kinestetik telah memenuhi keempat indikator yaitu interpretasi, analisis, inferensi, eksplanasi, dan tidak memenuhi satu indikator yaitu evaluasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Umum
Pendidikan > Peserta Didik
Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 12211183030 DENIS SHANIA TRICIA
Date Deposited: 13 Sep 2023 09:23
Last Modified: 13 Sep 2023 09:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40149

Actions (login required)

View Item View Item