EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT TERHADAP MINAT BELAJAR DAN PEMAHAMAN TAJWID SISWA KELAS VII MTSN 5 BLITAR

SICHA ROBIAH AL ADAWIYAH, 12201183394 (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT TERHADAP MINAT BELAJAR DAN PEMAHAMAN TAJWID SISWA KELAS VII MTSN 5 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (954kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (999kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul " Efektivitas Model Card Sort Terhadap Minat Belajar dan Pemahaman Tajwid Siswa Kelas VII MTsN 5 Blitar" ditulis oleh Sicha Robiah Al Adawiyah,NIM 12202183394,Pembimbing Dr, Hj. Chusnul Chotimah, M.Ag. Kata Kunci: Model pembelajaran Card Sort, Minat Belajar, Pemahaman Siswa Penelitian ini dilatar belakangi oleh model pembelajaran yang kurang melibatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Selain itu, model pembelajaran yang digunakan kurang inovatif dan masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Akibatnya minat belajar dan pemahaman siswa menjadi kurang maksimal. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar dan pemahaman siswa serta dapat mempermudah siswa dalam memahami materi yang dijelaskan. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar adalah model pembelajaran Card Sort. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui efektivitas model pembelajaran Card Sort terhadap minat belajar siswa kelas VII MTs Negeri 5 Blitar. 2) mengetahui efektivitas model pembelajaran Card Sort terhadap pemahaman tajwid siswa kelas VII MTs Negeri 5 Blitar. 3) mengetahui efektivitas model pembelajaran Card Sort terhadap minat belajar dan pemahman tajwid siswa kelas VII MTS Negeri 5 Blitar. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen Nonequivalent Control Group Design dengan pendekatan kuantitatif. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Card Sort dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah minat belajar dan pemahaman siswa. Teknik sampling yang digunakan yaitu teknik sampling purposive sampling dengan sampel yang didapat yaitu kelas VII A yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VII D yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yakni dengan uji T-test (Independen Sampling T-test) dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) adanya efektivitas model pembelajaran Card Sort terhadap minat belajar siswa kelas VII MTSN 5 Blitar. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan uji t-test yang diperoleh yaitu nilai signifikansi sebesar 0,001 <0.05. 2) adanya efektivitas model pembelajaran Card Sort terhadap pemahaman tajwid siswa kelas VII MTsN 5 Blitar. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji t-test yang diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,007 < 0.05. 3) terdapat efektivitas pada minat belajar dan pemahaman tajwid siswa kelas VII MTSN 5 Blitar. Hal ini dibuktikan dengan uji MANOVA dengan nilai signifikansi pada pillai's Trasce, Wilk's Lambda, Hotelling's Trace, dan Roys Largest Root semua menunjukkan nilai 0,001 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Al Quran
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183394 SICHA ROBIAH AL ADAWIYAH
Date Deposited: 16 Sep 2023 04:25
Last Modified: 16 Sep 2023 04:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40168

Actions (login required)

View Item View Item