IMPLEMENTASI NILAI-NILAI AHLU SUNAH WAL JAMAAH AN-NAHDLIYAH DALAM MEMBENTUK SIKAP MODERAT BERAGAMA DI MADRASAH DINIYAH THORIQUL HUDA KARANGAN TRENGGALEK

MUNAWIR MUSLIH MASHURI, 12201193115 (2023) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI AHLU SUNAH WAL JAMAAH AN-NAHDLIYAH DALAM MEMBENTUK SIKAP MODERAT BERAGAMA DI MADRASAH DINIYAH THORIQUL HUDA KARANGAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (762kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (786kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (748kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul "Implementasi Nilai-Nilai Ahlu Sunah Wal Jamaah An-Nahdliyah Dalam Membentuk Sikap Moderat Beragama Di Madrasah Diniyah Thoriqul Huda Karangan Trenggalek" ini ditulis oleh Munawir Muslih Mashuri, NIM 1220193115, Progam studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dosen pembimbing: Dr. H. Imam Junaris, S. Ag, M.H.I Kata Kunci: Implementasi, Aswaja, Moderat Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya kaum-kaum radikalisme dan liberalisme yang bisa menimbulkan dampak negatif dan berakibat pada aksi terorisme. Berangkat dari persoalan tersebut perlu adanya penanaman nilai Ahlu Sunah Wal Jamaah (Aswaja) An-Nahdliyah sejak dini pada diri seseorang melalui dunia pendidikan. Salah satunya lembaga pendidikan agama Islam yaitu Madrasah Diniyah Thoriqul Huda Kerjo- Karangan-Trenggalek yang membentuk pemahaman Aswaja An-Nahdiyah sejak dini kepada para santri melalui Pemahaman, Metode Pembiasaan dan Metode Keteladanan (Uswatun Khasanah). Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penerapan nilai tawasuth Aswaja An-Nahdliyah di Madrasah Diniyah Thoriqul Huda Kerjo-Karangan- Trenggalek? 2) Bagaimana penerapan nilai tasamuh Aswaja An-Nahdliyah di Madrasah Diniyah Thoriqul Huda Kerjo-Karangan-Trenggalek? 3) Bagaimana penerapan nilai tawazun Aswaja An-Nahdliyah di Madrasah Diniyah Thoriqul Huda Kerjo-Karangan- Trenggalek? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di Madrasah Diniyah Thoriqul Huda Kerjo-Karangan-Trenggalek. Sumber data diperoleh dari dua jenis yaitu sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecakan keabsahan data menggunakan trianggulasi, perpanjangan keikutsertaan, dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian menunjukan: 1) Implementasi nilai tawasuth pada pembelajaran dilakukan dengan jalan: a) Implementasi nilai tawasuth akidah melalui, b) Implementasi nilai tawasuth ibadah, dan c) Implementasi nilai tawasuth akhlak. 2) Implementasi nilai tasamuh pada pembelajaran dilakukan dengan jalan: a) Para santri diajarkan untuk menghargai pendapat satu sama lain, b) Penanaman sikap toleransi di lingkungan madrasah, c) Memberikan pemahaman kepada peserta didik tentang toleransi, d) Menumbuhkan gotong royong dan saling toong-menolong antar sesama. 3) Implementasi nilai tawazun dilakukan dengan: a) Para santri diajarkan untuk hidup seimbang antara dunia dan akhirat, b) Para santri mengaji untuk menyeimbangkan antara dunia dan agama, c) Adanya penanaman sikap tawazun siswa dalam pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Nahdlatul Ulama
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193115 MUNAWIR MUSLIH MASHURI
Date Deposited: 14 Sep 2023 08:23
Last Modified: 14 Sep 2023 08:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40203

Actions (login required)

View Item View Item