KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU (Studi Multi Situs di SDN 1 Sawo Tulungagung dan SDN 1 Campurdarat Tulungagung)

YUNITA NUR AZIZAH, 12501194009 (2023) KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU (Studi Multi Situs di SDN 1 Sawo Tulungagung dan SDN 1 Campurdarat Tulungagung). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (952kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (606kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (527kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (725kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB)

Abstract

Tesis dengan judul “Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Studi Multi Situs SDN 1 Sawo dan SDN 1 Campurdarat Tulungagung)” ini ditulis oleh Yunita Nur Azizah dengan dibimbing oleh Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag dan Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. Kata kunci : Kepemimpinan, Kinerja Guru Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi dari fenomena bahwa keberadaan kepala sekolah di sebuah lembaga memiliki peranan yang penting untuk mewujudkan sebuah pendidikan yang berkualitas dengan pendidik yang memiliki kinerja tinggi. Dalam melaksanakan peranan tersebut, dapat dipengaruhi oleh gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh kepala sekolah. Kehadiran kepala sekolah dengan gaya kepemimpinannya tersebut, digunakan untuk melaksanakan peranannya menjadikan kepala sekolah memiliki keterlibatan langsung dengan pembelajaran yang berkaitan dengan ketercapaian dari kepemimpinan tersebut. Pertanyaan penelitian dalam tesis ini adalah (1) Bagaimana gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SDN 1 Sawo dan SDN 1 Campurdarat? ; (2) Bagaimana upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SDN 1 Sawo dan SDN 1 Campurdarat? ; (3) bagaimana pengendalian kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SDN 1 Sawo dan SDN 1 Campurdarat? Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi multi situs. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan analisis data individu dan analisis lintas kasus. Hasil penelitiam menunjukkan bahwa: (1) gaya kepemimpinan yang diterapkan adalah gaya demokratis dengan menggunakan pendekatan kekeluargaan dan musyawarah sebagai alat untuk mencapai tujuan bersama serta sebagai alat untuk menyelesaikan permasalahan dalam sekolah, dan memberikan kemandirian serta pengalaman pada guru dalam melaksanakan tugas dan kewajiban, juga memberikan kebebasan untuk para guru berkreasi dan berinovasi dalam pembelajaran namun tetap melaksanakan pengawasan dalam pelaksanaan pendidikan; (2) upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru melalui ikutserta menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, berperan serta dalam administrasi sekolah atau sebagai administrator, memberdayakan pendidik melalui webinar dan workshop, serta memaksimalkan peranan kepala sekolah sebagai educator, manajer, leader, motivator dan supervisor; (3) pengendalian kepala sekolah dapat dilihat dari penilaian hasil kerja dan melalui terlaksananya program- program yang dicanangkan kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru, serta pengaruhnya terhadap hasil dari kerja guru dan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12501194009 YUNITA NUR AZIZAH
Date Deposited: 16 Sep 2023 04:35
Last Modified: 16 Sep 2023 04:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40254

Actions (login required)

View Item View Item